Karang Taruna Gunung Maligas Bersama Warga Marharoan Bolon Perbaiki Jalan Rusak di Karang Rejo

Karang Taruna Gunung Maligas bersama masyarakat melaksanakan kegiatan marharoan bolon.

Simalungun, Lintangnews.com | Karang Taruna Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun bersama warga Nagori Karang Rejo secara swadaya menggelar aksi marharoan bolon (bergotong royong) memperbaiki jalan rusak menuju Pemandian Karang Anyer di Jalan Anjangsana, Selasa (6/7/2021).

Dengan membuat adonan cor berbahan pasir dan batu split dan semen, warga dan pengurus Karang Taruna Kecamatan Gunung Maligas sekira pukul 09.00 WIB, melakukan aksinya dengan semangat.

Walaupun jalan tampak ramai, tidak menyurutkan aksi mereka agar lubang yang terdapat di badan jalan itu dapat tertutup dan tak lagi membahayakan para pengendara kendaraan yang melintas.

Camat Gunung Maligas, Juris Lushaben Saragih kepada wartawan mengatakan, kegiatan itu terselengara atas partisipasi seluruh elemen masyarakat, baik dari Nagori Karang Rejo dan Nagori sekitar untuk memperbaiki jalan yang selama ini rusak , sehingga ulit dilalui dan menghambat laju kendaran.

“Kami apresiasi Karang Taruna Kecamatan Gunung Maligas atas peran aktif dan nyatanya dalam aksi marharoan bolon ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, agar kedepannya masyarakat dapat benar-benar memperhatikan lingkungannya sebagai bentuk keperdulian. Salah satu contohnya jika ada parit yang dipenuhi sampah, sehingga air tergenang ke badan jalan, maka masyarakat harus pro aktif melakukan pembersihan.

“Karena jika dibiarkan air memenuhi badan jalan secara terus menerus, maka dapat merusak jalan itu sendiri,” tandasnya.

Kegiatan itu dihadiri pihak Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Gunung Maligas, Babinsa Koramil Bangun, Pangulu Karang Rejo, Airul Zen, Karang Taruna Gunung Maligas, Karang Taruna Karang Rejo, Pemuda Pancasila (PP) Ranting Karang Rejo dan warga setempat.

Sementara Airul Zen menyampaikan, jalan itu sudah lama rusak dan pihaknya bersama warga sudah berkali-kali melakukan aksi yang sama untuk memperbaiki secara swadaya. Namun ketika air dari saluran irigasi meluap, maka menggenangi jalan hingga mengakibatkan erosi dan akhirnya terjadi kerusakan.

“Ini semua berkat dukungan masyarakat. Saya mengapresiasi warga sekitar dan Karang Taruna Kecamatan Gunung Maligas yang sudha turut serta membantu. Kami berharap, kedepannya Pemkab Simalungun dapat memperbaiki saluran irigasi itu,” pungkasnya. (Zai)