Timbul Lingga: Prinsipnya DPRD Siantar Tidak Berniat Menghalangi Pelantikan Susanti

Ketua DPRD Siantar, Timbul Lingga bersama sejumlah pimpinan dan sejumlah Ketua Fraksi.

Siantar, Lintangnews.com | Surat masuk dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terkait pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali akhirnya direspon oleh DPRD Kota Siantar.

Ditemui usai rapat, Timbul Lingga selaku Ketua DPRD Siantar didampingi pimpinan dewan lainnya serta sejumlah pimpinan Fraksi di depan sejumlah wartawan menuturkan, pada prinsipnya DPRD tidak mau menghalang-halangi pelantikan Wakil Wali Kota terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Susanti Dewayani.

“Namun yang pertama, kita akan menjawab surat dari Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprovsu yang menyatakan kita agar berkordinasi dengan pemerintah atasan termasuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” sebut Timbul, Rabu (7/7/2021).

Dalam hal ini, Timbul mengaku, masih mencari waktu yang tepat, mengingat saat ini Kota Jakarta sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

“Umumnya informasi yang kita dapat, untuk Jakarta melakukan Work From Home (WFH) di tengah penerapan PPKM darurat,” terang Ketua DPC PDI-Perjuangan Kota Siantar ini.

Lanjut Timbul, menjawab surat dari Plh Sekda Sumut, maka pihaknya melakukan konsultasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pelantikan Susanti sebagai Wakil Wali Kota Siantar terpilih Pilkada 2020.

“Kita merasa perlu konsultasi ke Mendagri terkait pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta melantik kepala daerah hasil Pilkada tahun 2020,” ungkapnya.

Timbul menegaskan, dirinya selaku Ketua PDI Perjuangan bersama sejumlah rekannya yang juga menjadi pengurus partai lainnya merupakan partai pengusung almarhum Asner Silalahi-Susanti.

“Sehingga kita tidak ada niat untuk menghalang-halangi pelantikan. Kalau dicabut PPKM darurat maka kita akan langsung berangkat,” urainya.

Saat disinggung soal proses konsultasi yang dilakukan secara virtual, Timbul mengatakan, akan menjadi masukan bagi DPRD Siantar. Ia berharap agar konsultasi dengan Mendagri tidak menyebabkan pemahaman yang salah dengan berbagai informasi.

Pada kesempatan itu, Timbul juga menyinggung soal kehadiran Susanti ke kantor DPRD Siantar. “Sepertinya tidak ada salah, silaturahmi ke DPRD,” sebutnya.

“Jangankan menunggu Susanti selaku Wakil Wali Kota terpilih, menunggu kawan-kawan wartawan saja kita siap,” ucap Timbul sembari diiyakan sejumlah rekannya para anggota dewan.

Ditambahkan Ronald Tampubolon selaku Wakil Ketua, surat yang dilayangkan oleh Plh Sekda Sumut beberapa waktu lalu akan dibalas oleh DPRD Siantar.

“Usai dibalas, maka kita akan lihat kondisi untuk melakukan konsultasi langsung dengan Mendagri. Sebagai partai pengusung, seluruh partai di DPRD Siantar ini sangat berharap agar Susanti segera dilantik,” tutur Ketua DPC Partai Hanura Siantar ini. (Elisbet)