Karnaval Pesona Danau Toba ke 4 Disambut Antusias, Ini Kesan dan Pesan Pelajar

Pembukaan Karnaval Pesona Danau Toba 2019.

Tobasa, Lintangnews.com | Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyambut kehadiran tamu istimewa, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti,dengan tarian tor-tor Batak, pada Sabtu (14/9/2019).

Selama 4 tahun pelaksanaan dari Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT) di Kabupaten Tobasa, petinggi Republik Indonesia selalu hadir menyapa masyarakat, mulai dari Presiden dan Menteri. Karnaval ke 4 ini, kembali hadir Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ini menambah antusias masyarakat dan pelajar untuk menyaksikan dan mengikuti setiap pagelaran KPDT dalam memperkenalkan adat dan budaya Batak.

Seperti dikatakan, salah seorang pelajar Miko Manurung, jika dirinya bangga dengan pagelaran karnaval yang diselenggarakan setiap tahunnya, sehinga dapat menyaksikan Presiden dan Menteri secara langsung.

Menurutnya, sebagai generasi bangsa even sebesar ini, dapat menambah pengetahuan kuliner, busana ulos. “Yang pasti dengan karnaval ini dunia harus mengetahui kekayaan tradisi adat budaya Batak,” ujarnya.

Terpisah, Galuh siswa SMA Negeri 1 Laguboti mengaku termotivasi dengan pelaksanaan karnaval ini. “Melalui acara ini, saya lebih mengenal Batak lebih dalam, seperti makanan, kustom, totor dan lain sebagainya,” ujarnya yang mengaku suku Jawa.

“Saya menyukai budaya dan sifat Batak, yang meskipun terlihat kasar, namun memiliki hati lembut, sesuai dengan kekayaan adat istiadat dan budayanya. Paling berkesan bagi saya, masyarakat Batak memiliki sifat toleransi yang tinggi dan menghargai keberagaman antara suku dan agama, khususnya di Tobasa,” tutur Galuh. (asri)