3 Jalur Jadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar dari PDI-Perjuangan

Susanti Bacalon Wakil Wali Kota Siantar saat mengembalikan formulirnya kepada tim penjaringan DPC PDI-Perjuangan Siantar. (elisbet/LN)

Siantar, Lintangnews.com | Batas pengembalian formulir untuk Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota di kantor DPC PDI-Perjuangan Kota Siantar berakhir hari Sabtu (14/9/2019).

“Sekira pukul 17.00 WIB nanti ditutup, sesuai jam kerja. Kecuali ada yang komunikasi sebelumnya, mungkin bisa di toleransi,” sebut Ketua Tim Penjaringan PDI-Perjuangan Kota Siantar, Imron Togi Siregar lewat telepon seluler.

Dijelaskannya, ada beberapa Balon yang mengambil formulir telah berkomunikasi akan mengembalikan formulir Sabtu (14/9/2019) seperti Ojak Naibaho dan Susanti.

“Sampai saat ini telah ada 4 yang mengembalikan formulir untuk Bacalon Wali Kota, dan 1 untuk Balon Wakil Wali Kota. Untuk keseluruhan ada 7 orang yang mengambil formulir,” terangnya.

Usai pengembalian formulir, kata Togi, panitia akan memeriksa berkas, dan setelah itu tim penjaringan melakukan rapat. Lalu hasil rapat disampaikan kepada PDI-Perjuangan secara resmi.

“Kemudian dilakukan rapat pleno dan mengusulkan nama Bacalon ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-Perjuangan melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatera utara (Sumut). Minimal ada 3 nama yang diusulkan nantinya” ujar Togi.

Lebih lanjut disampaikan Togi, dalam aturan yang ditetapkan dalam keputusan partai no 07 ada 3 jalur pendaftaran Bacalon yakni lewat jalur DPP, jalur DPD, dan jalur DPC.

“Sehingga ketika ada tiba-tiba yang mendapatkan rekomendasi padahal tidak terjaring namanya dari penjaringan yang dilakukan di DPC PDI-Perjuangan, maka jalurnya bisa dari DPD atau pun DPP,” ungkapnya.

Togi mengatakan, ada indikator-indikator yang menjadi pertimbangan dalam mengeluarkan rekomendasi nantinya.

“Namun bisa juga seperti ini, tidak mendaftar di DPD dan DPC namun DPP keluarkan rekomendasi, seperti itu namanya pertimbangan strategis partai. Ada juga wewenang DPP seperti itu,” tandasnya. (Elisbet)