Kasusnya Semakin Meningkat, BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum

Kegiatan penguatan kebahasaan bagi penegak hukum di Kota Siantar yang diselenggarakan BBPSU.

Siantar, Lintangnews.com | Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota Siantar dilaksanakan sejak Senin-Selasa (19-20/4/2021, bertempat di Gedung Aula SMA Negeri 4, Jalan Pattimura, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Susi Amry Magdalena dari Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Siantar dan Aipda Bolon Situngkir yang menjabat Kanit Ekonomi Satuan Reskrim Polres Siantar.

Lalu Martin selaku Pemerhati Bahasa, Anharudin Hutasuhut dan Agus Bambang Hermanto keduanya dari BBPSU.

Ketua Panitia, Chairani Nasution mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerja sama BBPSU dengan Polres Siantar dan Kantor Cabang Disdik Siantar.

Menurutnya, kegiatan ini turut merangkul banyak pihak yakni dari Polres Siantar, para guru di jajaran Cabang Disdik, para jurnalis, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Siantar, mahasiswa dari Fakultas Hukum USI, Tokoh masyarakat dan Duta Bahasa Sumatera Utara.

“Ada pun tujuan dari kegiatan ini untuk peningkatan dan penguatan penggunaan bahasa negara yaitu Bahasa Indonesia di kalangan penegak hukum, pengajar, jurnalis dan masyarakat Siantar,” paparnya.

Chairani menambahkan, kegiatan ini juga mengingat semakin meningkatnya kasus-kasus terkait kebahasaan antara lain, ujaran kebencian, penghinaan, pencemaran nama serta berbagai kasus lainnya.

“Peningkatan kasus ini sejalan dengan meningkatnya permintaan peran ahli bahasa ke kantor BBPSU dan terutama dalam kasus sengketa bahasa,” ucap Chairani mengakhiri.(Elisbet)