Kebun Balimbingan Disinyalir Usik Mata Pencaharian Janda Miskin

Lokasi tempat berjualan teh manis dan kopi janda miskin di Nagori Bahkisat yang digusur pihak kebun PTPN IV Balimbingan.

Simalungun, Lintangnews.com | Pihak PTPN IV Unit Kebun Balimbingan disorot tajam oleh sejumlah kalangan masyarakat.

Pasalnya, pihak perkebunan disinyalir mengusik mata pencaharian seorang janda miskin di Nagori Bahkisat, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun bernama Asni (51).

Informasi dihimpun, Rabu (20/3/2019) memaparkan, jika Senin (18/3/2019) sekira pukul 16.15 WIB, pihak perkebunan menggusur warung tempat berjualan teh dan kopi di atas lahan tepi Kebun Balimbingan.

Akibatnya, niat Asni untuk menafkahi keluarganya menjadi terusik. Mirisnya lagi, perkebun Badan Milik Usaha Negara (BUMN) itu terkesan tebang pilih dalam hal menggusur.

Pasalnya fakta di lapangan, sejumlah lahan di tepi perkebunan masih ditempati masyarakat lainnya untuk berjualan dengan mendirikan warung.

“Memang tindakan itu janggal, karena sampai saat masih banyak lapak-lapak warung ditepi lahan kebun,” ucap Maryadi salah seorang warga menanggapi tindakan perkebunan tersebut.

Dirinya mempertanyakan, apakah karena hanya warung janda miskin itu saja yang jadi target perkebunan. Menurutnya, aksi yang dilakukan tidak berpihak pada masyarakat.

Maryadi juga berharap, jajaran Direksi PTPN IV untuk meninjau ulang kebijakan yang dilakukan Kebun Balimbingan itu. (zai)