Kecamatan Rambutan Raih Anugerah Pakarti Utama I Tingkat Nasional

Tim PKK Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi saar menerima anugerah Pakarti Utama I

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Kecamatan Rambutan memperoleh Anugerah Pakarti Utama I Tingkat Nasional Pelaksana Terbaik Insfeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test.

Penganugerahan tersebut diberikan Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Pusat di Hotel Mercure Ancol Jakarta Rabu (3/10/2018). Sebelumnya dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo Selasa (2/10/2018) di tempat yang sama.

Penganugerahan itu diterima Darwina Hasbie selaku Ketua TP PKK Kecamatan Rambutan didampingi Nila Erwita Oki Doni Siregar dan Ketua TP PKK Poviinsi Sumatera Utara.

Penilaian IVA test itu dilakukan tim dari pusat yang berlokasi di Puskesmas Rantau Laban, Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi.
TP-PKK Kecamatan Rambutan terpilih dan menerima penghargaan itu dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46 tahun 2018.

Erni Guntarti dalam pidatonya menyampaikan, agar para peraih penghargaan dapat lebih meningkatkan pelayanan dalam pemberantasan kanker mulut rahim yang saat ini semakin banyak terjadi di Indonesia.

Dirinya berharap, semoga pelaksaan kegiatan ini dapat lebih meningkatkan lagi sinergitas antara PKK dan bidang kesehatan dalam mendukung program-program pemerintah.

Kepada TP PKK Kecamatan Rambutan, Erni Guntarti berpesan kiranya dapat menjadi pionir dalam masalah kesehatan, sekaligus contoh bagi Provinsi lainnya di Indonesia.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Nanang Fitra Aulia mengatakan, ini adalah salah satu dari program nasional bidang kesehatan selain stanting dan imunisasi. Menurutnya, Kota Tebingtinggi telah meraih yang terbaik pertama.

“Kedepan kita akan berusaha untuk lebih meningkatkan dalam pelayanan IVA test, misalnya program rumah sehat,” sebut Nanang.

Sementara Kabag Humas PP Kota Tebingtinggi, Halim Purba didampingi Camat Rambutan Hasbie Damanik menuturkan, keberhasilan ini tentunya bukan diraih tanpa adanya persiapan serta dukungan dari semua pihak.

Lanjutnya, ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan dan kerja keras Camat Rambutan, Hasbie Damanik yang begitu konsern terhadap masalah kesehatan, khususnya kanker leher rahim dan stanting. Begitu juga perhatian Kadis Kesehatan dan dukungan Puskesmas Rantau Laban.

“Dalam berbagai kesempatan Wali Kota sering menggaungkan program ini. Jadi pantas kalau Tebingtinggi mendapat anugerah ini,” sebutnya. (purba)