Keceriaan Selalu Menyelingi Tugas Berat Satgas TMMD Kodim 0204/DS

Personil Satgas TMMD saat melangsir bahan material.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Rasa kebersamaan dan tanggungjawab dalam setiap menjalankan tugas membuat pekerjaan seberat apa pun bisa dilewati dengan ringan. Bahkan terkadang rintangan yang dihadapi justru bisa dilalui dengan penuh keceriaan.

Hal itu terjadi saat saat personil Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0204/DS melansir material melewati jalan yang berlumpur dan licin akibat diguyur hujan.

Menggunakan sepedamotor yang dipinjam dari warga, personil Satgas harus melansir material yang diperlukan untuk pengerjaan beberapa sasaran fisik. Beberapa personil terpaksa berjuang untuk menahan sepeda motor agar tidak terjatuh.

Namun jalanan yang licin terkadang membuat ban sepeda motor tua milik warga tergelincir. Akibatnya, sepeda motor oleng dan nyaris terjatuh.

Kejadian seperti inilah yang kerap memantik tawa para personil Satgas. Upaya mereka untuk menahan keseimbangan agar sepedamotor tidak terjatuh justru menimbulkan kegembiraan tersendiri bagi para personil Satgas.

“Terkadang di tengah-tengah kelelahan yang teramat sangat akibat beratnya pekerjaan ada saja insiden yang bisa memancing tawa kami. Momen-momen tak sengaja yang tercipta saat melakukan pekerjaan berat ini menjadi hiburan yang membuat pekerjaan menjadi lebih ringan,” ujar salah seorang personil Satgas, Sabtu (26/6/2021).

Beberapa titik jalan yang baru dibuka kondisinya masih labil. Sehingga menjadi sangat licin dan berlumpur ketika diguyur hujan. Bahkan, akibat kondisi tersebut jalan tak bisa dilalui oleh truk pengangkut material.

Namun itu semua tak pernah menjadi penghalang bagi personil Satgas untuk mengejar target penyelesaian sasaran fisik. Ibarat pepatah, tidak ada akar rotan pun jadi. Tidak bisa diangkut dengan kendaraan roda empat, seluruh material dilangsir menggunakan sepeda motor yang dipinjam dari warga.

Melalui semangat yang tak pernah surut, warga dan personil Satgas berjibaku agar distribusi material tidak terhambat.

Warga dengan menggunakan cangkul berupaya memperbaiki jalan agar bisa dilalui sepedamotor pengangkut material. Sementara itu 4 sampai 5 personel Satgas berupaya sekuat tenaga agar sepedamotor pengangkut material bisa melalui hambatan.

“Tidak ada rintangan yang tidak bisa dilalui asal kita mau bekerja keras dan bekerja bersama. Gotong royong ini membuat rintangan sesulit apa pun bisa kita lalui, sehingga material keperluan pengerjaan beberapa sasaran fisik bisa didistribusikan meski menggunakan sepeda motor milik warga,” ujar salah seorang personil Satgas.(Idris)