Kelurahan Mandailing Wakili Tebingtinggi Ikuti Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Sumut

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menerima kunjungan kunjungan tim penilai Lomba Desa/ Kelurahan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Muhammad Dimiyathi menerima kunjungan tim penilai Lomba Desa/ Kelurahan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Selasa (15/06/2021) di ruang kerjanya.

Untuk tahun ini, Kelurahan Mandailing menjadi perwakilan dari Kota Tebingtinggi mengikuti Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Sumatera Utara Terbaik Tahun 2021.

Keikutsertaan Kelurahan Mandailing ini tidak terlepas dari insiatif masyarakatnya untuk membangun gerakan Bersinar (Bersih Bebas Narkoba), sehingga mampu keluar dan terbebas dari daerah zona gawat, gawat narkoba, gawat kebersihan dan gawat bidang sosial.

“Kami sampaikan Kelurahan Mandailing dulu daerah yang paling gawat. Gawat narkoba, bidang kebersihan dan sosial,” ucap Wali Kota.

Menurutnya, keaktifan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan masyarakat dinilai luar biasa, termasuk dalam hal masalah banjir di tepi sungai. Wali Kota menyampaikan, masyarakat mau merubah untuk maju dan berusaha didukung oleh Kelurahan dan Kecamatan.

Sementara itu, tim penilai dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumut, Aspan Sofian menyampaikan, kunjungan pihaknya untuk melakukan evaluasi terhadap Kelurahan dan Desa yang menjadi peserta lomba.

“Pada prinsip seperti tahun lalu, kita melakukan evaluasi sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Tahun lalu juga kami lakukan, tetapi karena Covid-19 maka dikurangi, apalagi Tebingtinggi masuk PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro,” paparnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan tim penilai ke Kelurahan Mandailing. Pada kunjungan itu, Wali Kota diwakilkan Kepala Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PAPM), Lurah Mandailing dan Camat Tebingtinggi Kota.

Kunjungan tim penilai turut dihadiri Kadis PAPM, Sri Wahyuni, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Bambang Sudaryono, Camat Tebingtinggi Kota, Manda Yulian dan Lurah Mandailing, Rina Aslam. (Purba)