Kementerian LHK Diminta Usut Pembuangan Sampah di Danau Toba

Ketua DPP Partai NasDem, Martin Manurung.

Simalungun, Lintangnews.com | Aksi pembuangan sampah ke Danau Toba di Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun yang dilakukan dengan menggunakan truk berlogo Pemkab setempat, kian menjadi perbincangan hangat masyarakat.

Atas kejadian itu, Partai NasDem meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mengusut dan menindak tegas pelaku.

Saat dihubungi, Kamis (4/7/2019), Ketua DPP Partai NasDem, Martin Manurung menyayangkan tindakan oknum yang mencoreng semangat pemerintah pusat dalam pengembangan Danau Toba. Dengan menggunakan mobil milik negara, menurutnya perbuatan tersebut dapat dikatakan kesengajaan yang sudah menjadi kebiasaan.

“Kita akan minta langsung ke Menteri LHK (Siti Nurbaya Bakar) untuk segera mengusut pelaku dan memberikan sanksi kepada instansi atau pihak yang terlibat dalam pencemaran Danau Toba. Karena ini tindakan yang tidak benar,” pungkasnya.

Calon Legislatif (Caleg) DPR RI terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 2 ini juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan mengawasi kebersihan danau vulkanik terbesar di dunia.

“Jangan takut merekam dan mempublikasi oknum-oknum perusak Danau Toba. Mari sama-sama kita jaga,” sebut Martin.

Sebelumnya, beredar video pembuangan sampah ke pinggiran Danau Toba. Dengan menggunakan truk sampah berlogo Pemkab Simalungun, video itu menjadi viral.

Pembuangan seperti itu bukanlah kali pertama terjadi. Ini melihat banyaknya sampah-sampah lama menumpuk di lokasi yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir Danau Toba. (rel)