Kementerian Parekraf Gelar Serbuan Vaksin di Pamatang Sidamanik

Pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Staf Ahli Bupati bidang Administrasi Umum, Wasin Sinaga meninjau kegiatan serbuan vaksin bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, masyarakat dan pelajar bertempat di Lapangan Tobasari Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan serbuan vaksin itu diinisiasi oleh Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) bekerja sama dengan Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pariwisata, Polres Simalungun, Kodim 0207/SML, serta Kecamatan Pamatang Sidamanik, Polsek, Danramil, para Pangulu dan Lurah. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 18-19 November 2021.

Dalam kegiatan itu, Kementerian Parekraf bekerja sama dengan Homecare24 dan Antis (Anesis Group) memberikan bantuan berupa 250.000 anti septik (antis) pada Pemkab Simalungun, 250.000 antis ke Polres Simalungun untuk dibagikan kepada masyarakat.

Selain itu, 4.000 Godie Bag berisi vitamin, handsanitizer dan minuman kesehatan dibagikan pada peserta vaksin di Pamatang Sidamanik.

“Kami mendukung kegiatan serbuan vaksin ini dalam rangka mempercepat herd immunity bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, masyarakat dan pelajar ini untuk membantu aktifitas perekonomian,” kata Koordinator Destinasi Area I Direktorat Pengembangan Destinasi I Kementerian Parekraf, Andi Marpaung.

Menurut catatan Kementerian Parekraf, Andi menjelaskan, di Simalungun untuk dosis pertama baru 49,9 persen per 18 November 2021 dan dosis kedua 34 persen.

“Ini menjadi tantang bagi kita untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat,” kata Andi.

Dia mengatakan, pihaknya juga memperoleh informasi dari Pemkab Simalungun, jika target vaksinasi untuk Kabupaten Simalungun hingga Desember 2021 sebanyak 70 persen.

“Kami berharap, target ini dapat tercapai sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktifitas dalam meningkatkan perekonomiannya. Target kita di pelaksanaan selama 2 hari ini adalah 2.000 orang peserta vaksin, namun jika lebih nantinya Dinkes telah menyediakan 4.000 dosis vaksin,” ungkap Andi.

Sementara itu, Wasin Sinaga menyampaikan, apresiasi kepada Kementerian Parekraf telah melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi bagi masyarakat dan pelajar di Simalungun, terutama bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, serta memberikan bantuan antis pada Pemkab Simalungun.

“Semoga kegiatan ini dapat menggenjot sesuai dengan harapan pak Bupati, bahwa 70 persen sampai Desember tahun ini masyarakat di Simalungun sudah divaksin,” katanya.

Untuk memaksimalkan capaian vaksinasi hingga Desember mendatang, Wasin mengharapkan kepada para Camat, Pangulu dan Lurah mengerahkan masyarakat agar sadar dan mau, serta meluangkan waktunya untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Kepada vaksinator dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Wasin meminta agar semua masyarakat dipastikan dapat layanan vaksin.

“Jangan masyarakat itu pulang ke rumah tidak melaksanakan vaksin hanya terkendala masalah administrasi yang kurang lengkap. Kita cari solusinya terkait dengan masalah administrasi ini, pasti ada solusinya,” tandasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu antara lain, Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Simalungun, Albert R Saragih, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pariwisata, Jhonson Silalahi, Plt Kadis Kesehatan, Lidya Saragih, mewakili Disdukcapil, Fikar Silalahi dan Donald F Nainggolan, Camat Pamatang Sidamanik, Johnny Simatupang, mewakili Polsek Sidamanik, Aiptu Nazar, dari Badan Otorita Danau Toba Siswanto Sinambela, para Pangulu dan Lurah se-Kecamatan Pamatang Sidamanik. (Rel/Zai)