Kementrian ESDM Serahkan Sumur Bor Air Tanah di Asahan

Pihak Kementrian ESDM saat menguji coba air bersih sumur bor di Desa Silo Bonto Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan sumur bor air tanah di Desa Silo Bonto Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Jumat (4/1/2019).

Melalui Kementrian ESDM diwakili tenaga ahlinya dan Kadis ESDM Sumut Sampe L Purba mengatakan, penyerahan sumur bor air tanah merupakan program Badan Geologi Kemnterian ESDM tahun anggaran 2018 di wilayah Kabupaten Asahan dan  dilaksanakan di Desa Silo Bonto, Kecamatan Silo Laut.

“Sumur bor dibangun di Tahun Anggaran (TA) 2018 sebanyak 1 unit yang dapat digunakan secara penuh oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Peresmian ini juga sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa, Pemerintah Pusat khususnya Kementerian ESDM bekerjasama dengan pemerintah daerah dan di dukung oleh DPR-RI (Komisi VII) memiliki program pro rakyat,” ujar tenaga ahli Kementrian ESDM.

Sementara Sampe Purba menuturkan, sumur bor yang dibangun memiliki spesifikasi kedalaman 126 meter dengan debit 2 liter per detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diameter 6 inci.

“Pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVA sama dengan 8 kWatt, menggunakan pompa selan 3 PKdilengkapi rumah genset, rumah pompa dan bak penampungan air bekapasitas 5000 liter, sehingga mampu melayani kebutuhan air sebanyak 2.800 jiwa,” sebut Sampe.

Bupati Asahan diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Hasby Simbolon menyebutkan, ini adalah program nasional dalam penanganan pelayanan air bersih yang bersinergi dengan daerah dalam program 100-0-100 yakni 100 persen pelayanan air bersih, nol persen kawasan kumuh dan 100 persen pelayanan senitasi masyarakat.

“Kepada pemerintah pusat kiranya dapat meningkatkan program penyediaan prasarana dan sarana air bersih kepada masyarakat, seperti penyerahaan sumur bor ini,” ujar Hasby. (heru)