Kepengurusan Satria Deli Serdang Dibentuk

Pertemuan pembentukan Satria di Kabupaten Deli Serdang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Kabupaten Deli Serdang rencananya dalam waktu dekat akan menjadi satu ikatan organisasi sayap dari Partai Gerakan Indonesia Raya) di Kabupaten Deli Serdang.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa perwakilan atau tokoh dari Kecamatan se-Deli Serdang melakukan silaturahmi, sekaligus pembentukan Satria, Selasa (12/10/2021) di Cafe Lembad Jaya Dusun III Desa Pasar VI Kualanamu, Kecamatan Beringin.

Dalam silaturahmi itu penggagas Satria Deli Serdang, Zaman Saputra menuturkan, dirinya mendapat mandat (format ) untuk membentuk Satria di Deli Serdang dari Ketua Satria Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Husni yang merupakan Anggota DPR-RI.

“Satria telah berdiri sejak 30 Mei 2008 lalu yang diproklamirkan di Jakarta. Namun keberadaannya di Sumut, khususnya Deli Serdang baru akan dimulai,” katanya.

Awalnya Satria adalah Satuan Tugas (Satgas) Partai Gerindra. Dalam perjalanannya, Gerindra menyadari, dibutuhkan satu organisasi sayap sebagai sumber resources kader partai, sehingga peran Satria saat ini adalah sebagai sumber kader partai.

“Hingga saat ini Satria menjadi organisasi sayap Gerindra yang berjuang demi tegaknya Pancasila, UUD 45 dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tuturnya.

Sementara itu, hirarkinya hubungan pimpinan pusat Satria dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra adalah bersifat instruktif. Sedangkan hubungan organisasi pimpinan daerah Satria  sampai ke tingkat bawah dengan Gerindra adalah bersifat koordinatif.

Kemudian menempatkan Ketua Partai di masing-masing tingkatan sebagai Ketua Dewan Penasehat Satria sesuai dengan tingkatannya. Sementara hubungan pimpinan pusat Satria dengan pimpinan daerah, pimpinan cabang dan pimpinan anak cabang adalah instruktif.

Selain itu, tugas Satria adalah untuk menghimpun, menggalang, mengembangkan dan meningkatkan sumber daya dan potensi masyarakat dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera, serta membantu penanggulangan bencana nasional dalam segi sosial.

Calon Sekretaris Satria Deli Serdang, Ustadz Ahsanul Sauty mengajak para peserta silaturahmi yang hadir untuk bersatu membesarkan Satria nantinya.

Menurutnya, Satria mengawal pemenangan Gerindra dan bisa berperan dalam penyelenggaraan negara yang jujur, berkualitas dan berdaya guna dalam lingkup Pancasila dan UUD 45 .
“Sebagai organisasi sayap partai, Satria memiliki basis massa di kalangan pemuda. Satria adalah organisasi sayap untuk menjaring masyarakat yang hendak membantu secara sukarela, terutama dalam penanggulangan bencana,” tutupnya.

Terpilih sebagai Calon Ketua, Zaman Saputra, Calon Sekretaris, Ustadz Ahsanul Sauty dan Calon Bendahara, Anggi Reynaldi. Sedangkan Ketua Satria Pusat, Bambang Haryadi, Dewan Penasehat Letjen (Purn) Prabowo Subianto dan Wakil Dewan Penasehat, Shufmi Ahmad Dasco. (Idris)