Kesultanan Serdang Gelar Berbuka Puasa Bersama dan Tepung Tawar

Buka puasa bersama masyarakat yang dilakukan Kesultanan Serdang.

Deliserdang, Lintangnews.com | Ahli waris Kesultanan Serdang mengelar berbuka bersama dengan masyarakat Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Jumat (17/5/2019).

Ini sekaligus tepung tawar(upah-upah) atas terpilihnya Tuanku Ahmad Thala’a Syariful Alamsyah (Tengku Ameck) menjadi Anggota DPRD Kabupaten Deliserdang periode 2019-2024 bertempat di Masjid Sultan Basyarudin.

Seratusan jamaah masjid ,Tokoh Agama dan 4 Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Pantai Labu hadir pada kegiatan yang diprakarsai Kesultanan Serdang.

Ahli Waris Kesultanan Serdang, Tengku Mira mengatakan, buka puasa bersama ini meneruskan kegiatan yang sejak dahulu dilakukan almarhum orang tua mereka, Tuanku Lukman Sinar. Dimana pada saat Bulan Ramadhan selalu melakukan berbuka puasa bersama dengan para tokoh dan masyarakat Rantau Panjang.

“Kami sebagai ahli waris Kesultanan Serdang sesuai titah YM Tuanku Ahmad Thala’a harus dilaksanakan( diteruskan) setiap tahun seperti hari ini. Sebelum acara berbuka puasa bersama ini, kami terlebih dahulu melakukan doa untuk arwah-arwah secara bersama,” ujar Tengku Mira.

Lanjutnya, buka bersama sekaligus doa arwah ini mereka melakukan di 4 Masjid yang dahulunya tempat -tempat itu merupakan wilayah Kesultanan Serdang yakni, Masjid  Sulaymaniah Perbaungan, Masjid Sulaymaniah Pantai Cermin, Masjid Lukman Sinar Batang Kuis dan Masjid Sultan Basyarudin.

“Kami juga melakukan syukuran (upah-upah) atas terpilihnya ahli waris Kesultanan Serdang, Tuanku Ahmad Thala’a dari Partai Golkar lolos sebagai anggota DPRD Deliserdang periode 2019-2024,” sebut Tengku Mira.

Acara upah-upah kepada Tuanku Ahmad Thala’a Syariful Alamsyah yang terpilih sebagai Anggota DPRD Deliserdang.

Sementara itu Tuanku Ahmad Thala’a terharu atas syukuran yang dilakukan dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Pantai Labu yang telah mendukungnya.

Dirinya membenarkan, walaupun belum pleno tetapi melalui C1 yang didapat sudah dipastikan lolos menjadi anggota DPRD Deliserdang.

Ahmad Thala’a menambahkan, kegiatan buka puasa bersama ini sudah menjadi kalender rutin Kesultanan Serdang untuk terus dilaksanakan dan berdoa pada Allah SWT agar bisa menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Tokoh Masyarakat Rantau Panjang, Jamaludin mengucapkan terima kasih pada Kesultanan Serdang yang secara rutin mengadakan buka puasa bersama dengan mengundang masyarakat.

“Kami berharap dengan acara ini, terjalin silaturahmi yang cukup baik antara masyarakat dan keluarga Kesultanan,” paparnya.

Jamaludin juga berharap kepada Ahmad Thala’a  bisa mengemban amanah apabila menjadi anggota DPRD nantinya.

Hadir pada kegiatan itu, ahli waris Kesultanan Serdang lainnya antara lain, Tengku Silvana Sinar dan Tengku Thyrhaya Sinar. (idris)