Ketua KNPI Siantar Ajak Memaknai Nilai dalam Bingkai Kebhinekaan 

Ketua KNPI Siantar, Henry Hutapea.

Siantar, Lintangnews.com | Memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Siantar, Hendry Hutapea mengimbau pemuda-pemudi agar semakin meningkatkan persatuan kepada sesama anak bangsa Indonesia.

“Perayaaan Sumpah Pemuda itu suatu momentum dan sebagai alarm pola pikir Bangsa Indonesia. Jangan mudah ditunggangi orang, jangan ada kecemburuan dan iri kepada sesama anak bangsa,” ujar Hendry, Rabu (27/10/2021).

Dalam hal ini Hendry menjelaskan, peran pemuda Indonesia saat ini mengawal sumpahnya ke masa mendatang. Sehingga, apa yang dituangkan dalam isi sumpah pemuda itu, yakni bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, menjadi kunci kesuksesan dan kemajuan bangsa Indonesia ke masa mendatang.

“Sumpah Pemuda adalah peringatan untuk masa depan bangsa, sudah sedalam apa itu (Sumpah Pemuda) harus dibenahi,” terang Hendry.

Selain itu, Hendry juga berharap, peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2021 menjadi momentum dalam mempertebal rasa kebangsaan.

“Peringatan Sumpah Pemuda bukan lah momen bersejarah yang biasa-biasa saja bagi bangsa ini. Melainkan kehormatan besar, dan dinyatakan sebagai tonggak sejarah Republik Indonesia,” tuturnya.

Ia berkeinginan, dalam peristiwa bersejarah ini, sebaiknya tidak hanya sekedar memperingati lewat upacara. Tetapi, bagaimana memaknai isi Sumpah Pemuda sebagai gerbong untuk menyemangati bangsa. Dengan demikian, nilai-nilai yang tersirat dalam isi Sumpah Pemuda bisa sampai kepada masyarakat.

“Jangan rusak negara ini hanya karena perbedaan dan kepentingan pribadi semata. Akan tetapi mari lah kita bersama-sama memaknai nilai-nilai itu dalam bingkai kebhinekaan,” tandasnya. (Elisbet)