Ketua PKK Siantar Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Ketua TP PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat menerima penghargaan MKK Tahun 2020 dari BKKBN RI.

Siantar, Lintangnews.com | Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat menerima penghargaan Manggala Karya Kecana (MKK) Tahun 2020 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penghargaan diberikan Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Temazaro Zega di Aula Serbaguna Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Pemko Siantar, Selasa (22/9/2020).

Syahputri menjadi salah satu penerimaan penghargaan MKK, karena dinilai berhasil dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Siantar.

Wali Kota, Hefriansyah dalam sambutannya mengucapkan syukur atas prestasi tersebut. “Alhamdulillah, kita semua patut berbangga hati. Siantar kembali meraih penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020,” paparnya.

Menurutnya, Anugerah Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Kepala BKKBN Pusat pada sosok yang dinilai memiliki dedikasi, inovasi dan karya yang menonjol, serta bermanfaat terhadap pembangunan Kependudukan, Keluarga dan Keluarga Berencana yang sekarang disebut Bangga Kencana, yaitu program dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Kata Hefriansyah, anugerah ini diraih Ketua PKK Siantar dari BKKBN pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2020. Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar, karena sebelumnya Wali Kota telah meraih penghargaan MKK pada peringatan Harganas ke-26 tingkat nasional di Kota Banjarbaru, Banjarmasin.

“Perlu saya sampaikan, Pemko Siantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) senantiasa eksis dan berkomitmen penuh mendukung program nasional dalam perkembangan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera,” sebutnya.

Sementara itu, Syahputri menyampaikan, penghargaan ini sejatinya merupakan penghargaan bagi seluruh masyarakat Siantar.

Sebagai Ketua PKK Siantar, dirinya hanya melaksanakan kewajiban, dan terus menggelorakan semangat membangun keluarga serta melakukan kampanye untuk mengajak masyarakat berperan aktif menyukseskan program Keluarga Berencana (KB).

“Sebenarnya kami hanya menjalankan tugas untuk menyampaikan program-program pemerintah, khususnya program pembangunan keluarga dan KB. Kalau pun kemudian dinilai berhasil oleh pemerintah, ini merupakan keberhasilan seluruh warga Siantar,” ungkap Syahputri.

Dirinya berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi dirinya, seluruh pengurus dan kader PKK di seluruh wilayah Siantar untuk lebih giat lagi mengajak masyarakat berperan aktif melaksanakan program pembangunan keluarga dan KB. Karena menurutnya, masyarakat yang tangguh terbentuk dari keluarga yang tangguh.

“Kita bersyukur dengan adanya penghargaan ini. Tetapi bukan menjadi sekadar kebanggaan bagi kita. Justru kami berharap, penghargaan ini bisa menjadi pemicu dan motivasi bagi kita semua untuk bisa melakukan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kepala Dinas PPKB, Rumondang Sinaga menerangkan, penghargaan MKK bagi Syahputri tercantum dalam petikan keputusan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor: 137/KEP/G2/2020 tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana Tahun 2020. (Elisbet)