Kondisi Jalinsum Tobasa Bisa Makan Korban Jiwa

Kondisi Jalinsum yang berlubang di Kabupaten Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com I Kondisi Jalan Lintas Sumatera Utara (Jalinsum), tepatnya di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sudah banyak dipenuhi lubang yang dapat membahayakan pengguna jalan khususnya kendaraan roda 2.

Terkait Jalinsum yang rusak ini, mendapat tanggapan dari sejumlah masyarakat dan pengguna jalan agar segera diperbaiki, setidaknya direhab sebelum menelan korban jiwa.

“Akibat kubangan yang menganga di Jalinsum membuat pengguna jalan tidak nyaman. Terlebih saat turun hujan dan malam hari, dipastikan kubangan tersebut tidak terlihat, bisa membahayakan pengemudi khususnya kendaraan roda 2,” terang salah seorang warga, Riana Silaban, Rabu (13/11/2019).

Lanjut dia, seperti juga diketahui, sebentar lagi banyak perantau yang pulang kampung (mudik), maupun wisatawan yang akan menggunakan Jalinsum ini. Dikhawatirkan pengguna jalan tidak mengetahui kondisi jalan, bisa berdampak kecelakaan.

“Untuk itu kita berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki jalan yang berlubang tersebut, atau setidaknya ditambal,” harap Riana.

Terpisah, salah seorang pengendara sepeda motor, Nimrot Sirait mengakui, dirinya hampir diseruduk mobil, karena menghindari lubang tersebut.

“Bahkan kemarin, 3 unit mobil pribadi sempat tabrak belakang akibat rem mendadak menghindari lubang,” ujarnya.

Saat Media Center Tobasa menghubungi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Darlin Sagala menuturkan, pihaknya tidak berwenang untuk mendanai pembenahan jalan tersebut. Pasalnya, jalan itu wewenang dari Balai Jalan Provinsi Sumatera Utara.

“Yang pasti, kita selalu mengajukan pengusulan kepada Balai Jalan Provinsi, tentang kondisi jalan tersebut. Koordinasi selalu kita berikan kepada mereka. Namun untuk mendanai pembenahan jalan bukan hak Pemkab, terlebih PUPR Tobasa,” sebut Darlin.

Dia juga meminta agar mengirimkan gambar Jalinsum yang berlubang seperti kubangan, untuk disampaikan kepada Balai Jalan Provinsi. (asri)