Kota Tebingtinggi Peringati Hari Pahlawan ke 73

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan berfoto bersama Forkopimda.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dan Wakil Wali Kota, Oki Doni Siregar bersama dengan unsur Forkopimda menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan ke 73 dengan tema ‘Semangat Pahlawan di Dadaku’.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Dandim 0204/DS, Letnan Kolonel Kav Syamsul Arifin selaku Inspektur Upacara (Irup), Sabtu (10/11/2018) bertempat di Lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi.

Rangkaian acara sebelumnya Wali Kota bersama unsur Forkopimda berziarah ke Makam Pahlawan di Jalan Taman Bahagia, Kelurahan Sri Padang, Kecamatan Rambutan.

Dalam amanat Menteri (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan Dandim mengatakan, setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Ini merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” ujar Mensos.

Pertunjukan fragmen dalam peringatan Hari Pahlawan di Kota Tebingtinggi.

Dikatakan Dandim, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

“Saat ini sangat dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilan di bidangnya,” sebut Dandim.

Sementara peserta upacara peringatan Hari Pahlawan ini terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri serta para pelajar se Kota Tebingtinggi.

Dilanjutkan, Wali Kota bersama Kapolres, Kajari dan Dandim 0204/DS berbincang-bincang dengan para pelajar tingkat SMP. Wali Kota berpesan agar betapa pentingnya lagu nasional, kita sebagai anak bangsa jangan sampai tidak tau liriknya dan siapa penciptanya. (purba)