KPUD Siantar Buka Pendaftaran PPK Pemilu 2024

Komisioner KPUD Siantar, Jaffar Sidik Saragih.

Siantar, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar akan membuka pendaftaran untuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Komisioner KPUD Siantar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Jaffar Sidik Saragih saat dikonfirmasi, Jumat (18/11/2022) mengatakan, pendaftaran anggota PPK Pemilu 2024 dimulai pada 20 sampai 29 November 2022.

Jaffar menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk calon pendaftar berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS dan KPPS.

Berikut ini persyaratannya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  1. Berusia paling rendah 17 tahun.
  1. Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara.

4. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan Cita-Cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

  1. Mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur, dan adil.
  1. Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai yang bersangkutan.
  1. Berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS.
  1. Mampu secara jasmani, rohani serta bebas dari penggunaan narkotika.
  1. Pendidikan minimal SMA atau sederajat.
  1. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

“Ada beberapa kelengkapan persyaratan untuk pendaftaran PPK dan PPS. Fotokopi ijazah dan KTP elektronik yang dilegalisir,” kata Jaffar.

Lanjutnya, untuk syarat sehat jasmani dan rohani, pendaftar wajib menyertakan surat keterangan yang didapat dari rumah sakit atau klinik.

“Untuk dapat menjadi petugas PPK Pemilu 2024, pelamar dapat mendaftarkan diri melalui laman website siakba.kpu.go.id untuk melakukan login dan membuat akun SIAKBA. Masyarakat juga bisa mendaftar diri langsung ke kantor KPUD Siantar,” tutup Jaffar, sembari menyampaikan proses tahapan PPK dilakukan secara terbuka, dan profesional tanpa dipungut biaya apa pun. (Elisbet)