KPUD Siantar : Tak Terima C6, Masyarakat Bisa Memilih Pakai KTP dan Suket

Surat C6 (Ilustrasi)

Siantar, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar menghimbau masyarakat pemilih agar tidak khawatir jika tidak menerima surat pemberitahuan untuk memilih atau formulir C6.

Karena tanpa C6, masyarakat pemilih dapat mencoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan (Suket).

“Masyarakat pemilih yang tidak mendapatkan C6 bukan berarti kehilangan hak pilih. Masyarakat tetap dapat memilih dengan datang ke TPS. Membawa identitas berupa KTP atau Suket,” ucap Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani, Rabu (10/4/2019).

Dijelaskannya, bagi pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), juga dapat memberikan hak pilihnya ke TPS. Pemilih yang tidak terdaftar di DPT masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Pemilih khusus memilih di TPS dari pukul 12.00-13.00 WIB, juga membawa KTP dan Suket dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Jadi gak usah khawatir, kalau misalkan C6 nggak ada hak pilihnya nggak hilang,” ujar Daniel.

Untuk pendistribusian formulir C6 kepada pemilih, sambung Daniel akan dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) paling lama 3 hari sebelum jadwal pemungutan suara 17 April 2019 mendatang. Sehingga apabila ada warga yang tidak menerima formulir C6, KPUD Siantar merencanakan pengambilan formulir tersebut di Kelurahan masing-masing.

“Bagi warga yang tidak mendapat C6 boleh datang ke Kantor Lurah masing-masing. Tapi itu masih opsional ya, kita optimis setelah dicetak langsung distribusikan kepada masyarakat,” kata Daniel.

Ditambahkannya, untuk proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Untuk itu, Daniel berharap, agar masyarakat pemilih datang ke TPS tepat waktu. “Segera lah hadir ke TPS, tepat pukul 07.00 WIB, TPS telah mulai dibuka,” tutupnya. (elisbet)