KPUD Tobasa Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019

Para anggota KPPS TPS 1 memberikan kertas suara saat mengikuti simulasi yang dilaksanakan KPUD Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | KPUD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melaksanakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara untuk Pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Simulasi itu dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 di kompleks Sekolah Dasar Sitoluama, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Rabu (3/4/2019).

Komisioner KPUD Tobasa, Sugar Sibarani menuturkan, simulasi itu dilaksanakan guna memberi pemahaman tentang tata cara pelaksanaan mulai pencoblosan hingga penghitungan suara kepada para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Simulasi ini juga dilaksanakan dalam rangka pembekalan pada KPPS membuat dan menyusun laporan serta berita acara pelaksanaan proses pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April nanti,” kata Sugar.

Menurutnya, dalam pelaksanaan simulasi ini, pihaknya juga turut mengundang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tobasa, tokoh pemuda, partai politik (parpol), pihak Pemkab Tobasa, TNI/Polri dan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Simulasi seperti itu hanya 1 kali dilakukan di wilayah Kabupaten Tobasa, sesuai arahan dan petunjuk dari KPU Pusat. Selanjutnya simulasi akan dilaksanakan oleh masing-masing PPK di Kecamatan,” pungkas Sugar.

Ketua Bawaslu Tobasa, Juniat Sitorus menilai, yang dilaksanakan KPUD itu dinilai bagus dalam memberi gambaran dan pemahaman bagi para peserta simulasi.

“Berhubung Pemilu saat ini cukup rumit bila dibanding dengan sebelumnya, semoga dengan simulasi ini, para PPK, KPPS, parpol dan masyarakat dapat semakin memahami tata cara pencoblosan,” sebut Juniat.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Tobasa, Marojahan Hutapea yang mengaku sengaja hadir untuk langsung menyaksikan simulasi yang dilaksanakan KPUD.

Dirinya juga memberi apresiasi yang tinggi atas upaya KPUD Tobasa dalam memberi pemahaman tentang Pemilu, baik terhadap para penyelenggara maupun masyarakat yang hadir.

“Kita berharap, simulasi yang sama dapat dilaksanakan di setiap desa di seluruh Tobasa,” ujar Marojahan yang biasa dipanggil Ojack. (asri)