Kunjungan di Simalungun, Kapoldasu Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas di Sumut

Kapoldasu Irjen Pol Andrianto, Bupati Simalungun JR Saragih dan Dirut PTPN IV Siwi Peni menghadiri kegiatan Family Gatering SP BUN PTPN 4.

Simalungun, Lintangnews.com | Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Andrianto menyampaikan, bahwa berita hoax dan ujaran kebencian menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Saling bermusuhan karena berbeda paham dan pandangan politik menjadi hal yang biasa.

Hal tersebut disampaikan Kapoldasu dalam kunjungannya di Kabupaten Simalungun dalam rangka menghadiri kegiatan Family Gatering SP BUN PTPN 4 dan Polda Sumut, sekaligus deklarasi Pemilu Damai 2019 di wilayah hukum Polda Sumut, bertempat Lapangan Pabrik Teh Tobasari, Nagori Sidamanik Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun , Minggu (17/2/2019).

Menurut Kapoldasu, situasi seperti itu tidak  bisa dibiarkan karena dapat berdampak bagi kehancuran bangsa. Menurutnya, menjaga keamanan dan ketertiban merupakan tugas bersama baik Aparat maupun masyarakat.

Irjen Pol Andrianto juga mengapresiasi komitmen masyarakat PTPN 4 dalam menjaga keamanan dan ketertiban jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

“Mari kita rapatkan barisan untuk menjaga kamtibmas di Sumatera Utara agar pembangunan tetap dapat berlangsung dengan baik,” ujar Kapoldasu.

Kegiatan itu juga dihadiri Bupati JR Saragih bersama Sekda Gidion Purba, Staf Ahli Bupati, Asisten dan para pimpinan organisasi perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Simalungun serta sekitar 5.000-an massa yang merupakan anggota SP BUN PTPN IV.

Kapoldasu Irjen Pol Andrianto, Bupati Simalungun JR Saragih dan Dirut PTPN IV Siwi Peni saat mengikuti jalan sehat.

JR Saragih dalam sambutannya mengapresiasi Poldasu dan PTPN 4 dalam melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di daerah Simalungun.

“Warga Simalungun banyak bekerja sebagai karyawan PTPN 4, sehingga dengan himbauan seperti ini akan dapat meningkatkan kekondusifan di wilayah ini,” ujarnya.

Terkait akan dilekasanakannya pesta demokrasi Pileg dan Pilpres, Bupati mengharapkan melalui kegiatan itu, tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) semakin meningkat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar memilih calon yang berpihak pada kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Simalungun dan terutama kawasan Danau Toba,” kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Umum SPBUN PTPN 4, Wispramono Budiman dalam sambutannya menyampaikan serikat pekerja perkebunan di 10 Kabupaten/ Kota memiliki 23 ribu anggota yang merupakan karyawan PTPN 4.

Dia meminta kepada anggota SPBUN PTPN 4, agar menjelang Pemilu mendatang tidak mudah terhasut dengan berita hoax, ujaran kebencian, serta Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

Bupati JR Simalungun bersama para pelajar yang membawakan tarian daerah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kapoldasu yang tetap menjaga keamanan dan ketentraman agar kami dapat bekerja dengan tenang. Sebab kami menggantungkan hidup dari PTPN. Jika Sumut aman, maka kami dapat bekerja dengan baik seperti selama ini,” ujar Wispramono.

Direktur Utama (Dirut) PTPN 4, Siwi Peni dalam sambutannya menyampaikan kepada para karyawan PTPN 4 yang berjumlah sekitar 23 ribu orang dan pensiunan sekitar 35 ribu agar tidak mudah terhasut dengan maraknya berita hoax dan ujaran kebencian.

Fokus para karyawan adalah meningkatkan kinerja dan menjaga kamtibmas di lingkungannya agar PTPN 4 tetap eksis dan jaya. Sehingga berdampak pada kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar.

Saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres, Siwi mengatakan, merupakan kewajiban sebagai warga negara. “Kita berhak memperoleh Pemilu damai. Dan kita berkewajiban menjaga Pemilu damai,”  ujarnya.

Sebelumnya, kehadiran Kapoldasu di Simalungun disambut oleh Bupati bersama Dirut PTPN 4 dan Ketua SP BUN. Kegiatan Family Gathering tersebut diawali dengan tea walk (jalan sehat) sepanjang 3 km menyusuri perkebunan teh PTPN 4 dan dilanjutkan dengan senam Maumere dan Poco-Poco.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan pembacaan Deklarasi Damai Pemilu 2019 oleh pengurus SPBUN PTPN 4. Selanjutnya pelepasan burung merpati dan balon oleh Kapoldasy, Dirut PTPN 4, Bupati Simalungun serta para undangan, juga pengundian lucky draw dan pemberian bingkisan sebanyak 8.000 paket bagi para siswa sekolah yang merupakan anak anak dari karyawan PTPN 4.