Lomba Cerita Rakyat Layak Digelar di Hari Jadi Tobasa ke 20

Keindahan pemandangan Danau Toba dari wilayah Kabupaten Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Sosialisasi yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kepada pemandu wisata dan Dinas Pariwisata Pemkab Toba Samosir (Tobasa) dalam penyampaian cerita rakyat (workshop story telling) dapat diterapkan di Hari Jadi daerah itu yang ke 20.

Hal itu dinilai sangat tepat dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Tobasa agar lebih maksimal kedepannya.

“Banyak cerita rakyat Tobasa yang patut dan layak untuk digali, serta penting diketahui masyarakat Tobasa dan luar daerah yang dapat menarik minat wisata dalam mengembangkan pariwisata kita,” sebut salah seorang mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), Aldi Sirait, Minggu (17/2/2019).

Menurut mahasiswa asal Tobasa ini, ungkapan cerita rakyat untuk masyarakat Batak atau dulunya dikenal dengan Opera Batak menceritakan kisah legenda tanah Batak yang digemari seluruh suku Batak di sekitaran Danau Toba.

Aldi menuturkan, moment Hari Jadi Tobasa ke 20 bisa dikatakan tepat untuk memulihkan serta membangkitkan dongeng cerita rakyat Batak, yang hampir pudar dimakan kemajuan zaman.

“Dinilai tepat jika Hari Jadi Toba sadijadikan ajang pengembangan bakat generasi muda seperti anak sekolah, juga orang dewasa dalam perlombaan Story Telling,” paparnya.

Dia menilai, adanya lomba dongeng cerita rakyat, maka muncul ribuan bahkan jutaan cerita rakyat yang hampir terlupakan oleh masyarakat Tobasa. Pasalnya, cerita rakyat yang beragam tentu menarik minat pengunjung wisata.

“Mereka pasti ingin tau, seperti apa legenda Batak di Tobasa, sehingga nantinya kita memiliki ciri khas wisata yang selalu ingin dinikmati setiap wisatawan, akan datang berulang kali,” papar Aldi.

Dirinya berharap, Pemkab Tobasa memanfaatkan Hari Jadi itu menjaring pemandu wisata yang handal dengan lomba cerita dongeng. Sehingga pariwisata Danau Toba di Tobasa semakin diminati wisatawan, untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). (asri)