Kunjungan Satgas KPK Terkait Dana Desa di Tobasa, ini Kata Camat Siantar Narumonda

Camat Siantar, Narumonda, Pintor Pangaribuan.

Tobasa,  Lintangnews.com | Terkait kunjungantim  Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dana desa di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mendapat sambutan dan apresiasi baik dari Camat Siantar Narumonda, Pintor Pangaribuan.

“Tim Satgas KPK melakukan kunjungan tentang dana desa yang diselenggarakan Kepala Desa (Kades), khususnya di Kecamatan Siantar Narumonda pada bulan Juli 2019 lalu,” kata Pintor Pangaribuan, Senin (19/8/2019).

Dengan kehadiran KPK di Kecamatannya, Pintor menilai, merupakan dampak positif, agar Kades lebih teliti dalam penggunaan dan mengelola keuangan desa, baik dari segi administratif, sehingga tidak ada penyalahgunaan anggaran.

“Untuk itu setiap Kades khususnya di Kecamatan Narumonda, jangan pernah bermain-main dengan keuangan dana desa, yang diperuntukkan guna mensejahterakan masyarakat desa,” terang Pintor.

Ditambahkan Pintor, tentang pekerjaan fisik yang belum selesai di Desa Narumonda VI, tahun anggaran 2018 lalu memang benar, tetapi seminggu yang lalu sudah rampung.

Adapun kendala tidak selesainya pekerjaan fisik itu disebabkan kondisi lapangan yang kurang mendukung.

Hal itulah yang menyebabkan terkendalanya pencairan dana desa anggaran 2019, namun saat ini semua sudah final, seluruh di Kecamatan Siantar Narumonda, sudah dalam tahap pencairan.

“Perlu diingat kunjungan Satgas KPK di Kecamatan Siantar Narumonda, bukan terkait pengerjaan fisik dana desa. Untuk pekerjaan fisik dana desa tahun anggaran 2018 sampai saat masih baik -baik saja dan bukan menjadi faktor kunjungan Satgas KPK,” ujar Pintor.

Tetapi, yang menjadi faktor kedatangan Satgas KPK, berhubungan dengan BUMDes di 3 Desa, dimana ada kekurangan masalah administratif, Masalah itu sudah dibenahi karena arahan dan pembelajaran yang diberikan Satgas KPK.

“Untuk itu kepada Kades, agar kunjungan Satgas KPK dijadikan cambuk dalam membenahi segala sesuatunya, demi kesejahteraan masyarakatnya,” pungkas Camat. (asri)