Kunker di Simalungun, Anggota DPRD Sumut Dapil X Apresiasi Bupati Radiapoh

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga saat menerima kunker Anggota DPRD Sumut dari Dapil X.

Simalungun, Lintangnews.com | Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara asal Daerah Pemilihan (Dapil) X melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Simalungun.

Kehadiran Anggota DPRD Sumut itu diterima langsung oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga di Hotel Horison Jalan Medan, Kota Siantar, Selasa (21/6/2022) malam.

Anggota DPRD yang melakukan kunker terdiri dari Saut Bangkit Purba sebagai Ketua, Rusli Lubis, Gusmiyadi, Mangapul Purba, Franky Partogi W Sirait, Iskandar Sinaga dan Rony Reynaldo Situmorang.

Sementara itu, Bupati didampingi antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum, Wasin Sinaga, Kadis Kesehatan, Edwin Tony SM Simanjuntak, Kadis Penataan Ruang dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PRPSDA), Jamahaean Purba dan Kabag Orta, Jan Chrisdo Damanik.

Dalam sambutannya Radiapoh menyampaikan, Pemkab Simalungun saat ini sedang fokus melakukan memperbaiki infrastruktur jalan, pendidikan dan pertanian. Dikatakan, Jalan Kabupaten sepanjang 1.840 Km dan hampir 1.032 Km kondisinya rusak berat. Pemkab Simalungun terus berusaha dan berupaya untuk menangani kondisi jalan rusak tersebut.

“Kami juga sudah melakukan road show ke beberapa Kementerian terkait di Jakarta, bagaimana agar jalan ini bisa ditangani baik,” paparnya.

Selain itu, Bupati menyampaikan, untuk menangani kerusakan jalan, juga dilakukan upaya swadaya masyarakat yakni haroan bolon (gotong royong) melakukan perbaikan sepanjang kurang lebih 382 Km untuk sekedar layak jalan.

“Kami sebagai Pemkab Simalungun tentu punya keterbatasan dalam penanganan jalan ini, ini perlu dukungan dari bapak ibu anggota DPRD Sumut,” ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk Jalan Provinsi di wilayah Simalungun juga kondisinya sudah rusak parah.

“Walaupun ini bukan wewenangnya Pemkab Simalungun, namun masyarakat tau jalan tersebut tugas Bupati nya,” tutur Radiapoh.

“Kami juga sudah menyurati Dinas terkait di Provinsi agar melarang truk yang over tonase melitasi Jalan Provinsi di wilayah Simalungun. Sebab jika ini dibiarkan, diperbaiki pun akan cepat rusak,” jelasnya.

Kepada DPRD Sumut, Bupati berharap dukungannya dan menyampaikan kepada Pwmerintah Provinsi Sumatea Utara (Pemprovsu) bersama-sama untuk menjaga Bumi Habonaron Do Bona ini.

Dalam kesempatan itu, Saut Bangkit Purba menyampaikan, kehadiran pihaknya untuk melakukan tugas pengawasan kinerja Pemkab Simalungun.

“Kami mengapresiasi kehadiran Bupati Simalungun dalam hal ini. Karena biasanya yang menjumpai kami hanya staf nya,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Saut juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati yang sudah berusaha semaksimal mungkin bagaimana memperbaiki Simalungun.

“Kami akan terus mendukung setiap program-program pembangunan yang dilakukan daerah,” tukasnya. (Rel/Zai)