Kunker Komisi DPRD Sumut, Bupati Taput Sampaikan Sejumlah Usulan

Bupati Taput, Nikson Nababan memberikan cenderamata pada rombongan Komisi D DPRD Sumut.

Taput, Lintangnews.com | Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan bersama Ketua DPRD, Poltak Pakpahan dan Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Simaremare menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi D DPRD Sumatera Utara di Sopo Rakyat Kanopi rumah dinas Bupati Taput, Kamis (24/9/2020).

Pada kunjungan itu, Nikson memaparkan beberapa program usulan yang sudah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) agar mendapat dukungan dari DPRD Sumut, khususnya Komisi D.

“Ini untuk kepentingan masyarakat banyak, bukan hanya Taput, tetapi Tapanuli Raya. Kami mohon dukungan Komisi D, khususnya pendirian Universitas Tapanuli Raya sudah terus digaungkan telah mendapatkan dukungan Ketua MPR RI dan Ketua DPD RI. Saat ini lagi menggarap kajian akedemis oleh Universitas Sumatera Utara (USU) dan Sucofindo, mohon dukungannya,” papar Nikson.

Ketua Komisi D DPRD Sumut, Anwar Sani Tarigan menuturkan, seorang pemimpin itu harus memiliki pemikiran yang brilian. Menurutnya, gagasan-gagasan yang disampaikan Bupati Taput merupakan hal brilian, karena ingin masyarakat Tapanuli memiliki Universitas Negeri. Ini agar masyarakat dan uang Taput tidak keluar.

“Jadi kita mendukung hal itu dan beberapa perwakilan dari fraksi sudah menyatakan dukungannya. Untuk itu lah, pihak Pemprovsu, terkhusus DPRD Sumut agar mengeluarkan rekomendasi,” paparnya.

Anwar Sani menyampaikan, ada beberapa gagasan disampaikan Bupati Taput, yakni pembangunan Universitas di Tapanuli Raya, pembangunan jalan penghubung akses perekonomian dari Garoga-Labuhanbatu Utara (Labura), Garoga-Tapanuli Selatan (Tapsel) dan jalan lintas.

“Mudah-mudahan di program tahun 2021 pasti ada masuk. Juga program nasional ketahanan pangan,” paparnya.

Pihaknya mendukung semua program itu dan bukan hanya lips service. Anwar Sani menuturkan, ini nanti pembuktiannya anggaran di tahun 2021 akan mereka bawakan.

“Pemikirannya sungguh brillian, pemimpin yang begini sangat pantas untuk menjadi pemimpin tingkat Sumut. Saya pribadi mendukung itu, karena berpikirnya skala besar dan skala Sumut,” ujar Anwar Sani.

Selanjutnya Bupati Taput dan Komisi D DPRD Sumut melakukan diskusi membahas tentang beberapa program pembangunan yang mau diusulkan serta akan dibawa ke Pemprovsu. (Pembela)