Kunker Tim Pansus DPRD Sumut, Ini Disampaikan pada Gugus Tugas Covid-19 Asahan 

Pertemuan antara Tim II Pansus Covid-19 DPRD Sumut dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Tim II Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Jumat (5/6/2020) kemarin.

Kunker yang berlangsung di Sekretariat Gugus Tugas itu dihadiri Wakil Ketua Tim II Pansus Covid-19 DPRD Sumut, Ahmad Hadian itu bertujuan untuk melihat kesiapan Pemkab Asahan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan dalam menyikapi wabah Covid-19 di daerah tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar menyampaikan,saat ini Asahan berada pada status siaga darurat.

Menurutnya, langkah-langkah pencegahan penyebaran wabah itu dengan membentuk Gugus Tugas sampai tingkat Desa dan Puskesmas. Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan, serta memberikan himbauan pada masyarakat secara rutin di Desa dan Kelurahan setiap satu minggu sekali.

“Kita juga telah melakukan pengecekan suhu tubuh masyarakat yang akan masuk ke Asahan, baik dari luar kota maupun luar negeri apalagi daerah pandemi Covid-19. Kita juga menyiapkan tempat karantina dan Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 yakni RSUD HAMS Kisaran yang telah ditetapkan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu),” ujar Taufik.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berupa sembako pada masyarakat Asahan yang terkena dampak Covid-19. Taufik menuturkan, bantuan itu telah direalisasikan dan salurkan pada masyarakat Asahan.

Sementara Wakil Ketua Tim II Pansus Covid-19 DPRD Sumut, Ahmad Hadian menuturkan, wabah Covid-19 yang melanda saat ini sangat berpengaruh pada semua sektor. Ini membuat pihaknya ingin melihat kesiapan Kabupaten/Kota di Sumut dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kita memastikan, bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota di Sumut berjalan sesuai dengan fungsinya dalam penanganan pencegahan wabah Covid-19 di wilayahnya masing-masing,” ungkap Ahmad.

Dia menambahkan, tujuan kunker juga untuk mengetahui kendala bagi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut. (Heru)