Lantamal I Belawan Gelar Vaksinasi Dosis Kedua Bagi Masyarakat Pesisir Danau Toba

Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan Lantamal I Belawan.

Taput, Lintangnews.com | Dalam rangka memperingati Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke 76, Lantamal I Belawan menggelar bhakti kesehatan (bakkes).

Ini dilakukan dalam bentuk serbuan vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan rapid tes antigen pada masyarakat pesisir Danau Toba di kawasan wisata Kota Parapat, Kabupaten Simalungun dan Desa Silali Toruan, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kamis (9/9/2021).

Komandan Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono diwakili Wadan, Kolonel Marinir Amir Kasman yang turun langsung ke lokasi mengatakan, kegiatan ini dilakasanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke 76 yang jatuh pada Jumat (10/9/2021) bertemakan “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

“Sehingga ini selaras dengan langkah TNI Polri untuk merealisasikan percepatan program pemerintah mencapai 70 persen lebih populasi penduduk Indonesia bisa tervaksin supaya dapat kekebalan komunal (herd immunity) dari Covid-19,” sebutnya.

Kegiatan bakkes dilaksanakan dengan menurunkan 5 tim tenaga kesehatan (nakes) dari RSAL Komang Makes Lantamal I Belawan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lantamal I, Puskesmas Prapat dan Puskesmas Muara.

“Ini terbagi 2 kegiatan yaitu pelaksanaan vaksin dosis kedua dan pelayanan rapid test antigen bagi karyawan wisata bahari pesisir Danau Toba dengan target 1.000 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Lantamal I, Letkol Laut (K/W) Yeti Trianti.

Lantamal  I Belawan telah menggelar vaksinasi massal sebanyak 20 kali di beberapa tempat di wilayah Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Taput.

Hingga saat ini sudah melaksanakan vaksinasi pertama dan kedua kepada masyarakat maritim dan pesisir serta keluarga besar TNI AL lebih dari 25.000 orang.

Dalam pelaksanaan kegiatan bakes sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dimana masyarakat tetap harus memakai masker, serta menjaga jarak dengan tidak bergerombol selalu dingatkan anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi. (Idris)