Lapas Tebingtinggi Berikan Asimilasi pada 40 Orang WBP

Para WBP Lapas Tebingtinggi yang menerima program asimilasi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Sebanyak 40 orang Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebingtinggi mendapat Surat Keputusan (SK) asimilasi rumah, Rabu (3/8/2021).

SK asimilasi langsung diberikan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tebingtinggi, Herliadi.

Pemberian asimilasi ini terdari dari 38 orang laki-laki dan 2 wanita itu mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kalapas didampingi Kepala Kesatuan Pengamaman Lembaga Permasyarakatan (KPLP), Franda Saragih, Kasi Binadik, Leonard Panjaitan dan Kasubsi, Ziko Manalu berharap, WBP yang akan menjalani program asimilasi tidak mengulang kembali tindak pidana dan dapat kembali diterima di tengah-tengah masyarakat.

“Kami berharap warga binaan dapat melaksanakan asimilasi di rumah dengan baik, ikuti ketentuan yang ada dan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes),” pesan Herliadi.

Program asimilasi merupakan merupakan upaya lanjutan dalam rangka mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di Lapas/LPKA/Rutan. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan dapat membantu Lapas/LPKA/Rutan yang mengalami over crowded.

“Nantinya WBP akan mendapatkan pembimbingan, pengawasan dan integrasi oleh Balai Pemasyarakatan,” ucap Herliadi. (Purba)