Lima Terdakwa Pesta Sabu Dituntut Ringan, JPU Sebut Instruksi Kasi Pidum Siantar

Kelima terdakwa usai menjalani persidangan.

Siantar, Lintangnews.com | Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar, Firdaus Raja Maholi Maha memberikan tuntutan ringan terhadap 5 orang terdakwa kasus narkotika.

Kelimanya adalah Desmon Sirait, Doni Maranatha Hutagalung, Kenedy Chen, Fadly Siregar dan Marthin Lumbangaol yang sebelumnya melakukan pesta sabu di Sapadia Hotel,pada Kamis (22/11/18) sekira pukul 22.00 WIB.

“Menjatuhkan pidana terhadap kelima terdakwa selama 2 tahun penjara dikurangkan dalam masa penahanan,” kata Firdaus Raja Maholi Maha dalam sidang yang berlangsung di ruang Kartika Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamis (25/4/2019).

Maha menyatakan, kelima terdakwa terbukti secara sah melanggar pasal 127 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika mengenai golongan I yang bukan jenis tanaman.

Kelima terdakwa terlihat bahagia dengan tuntutan hukuman yang diberikan JPU. Atas tuntutan itu, kelima terdakwa melalui kuasa hukumnya, Jonggi Gultom dan Besar Banjarnahor menyatakan akan melakukan pembelaan atau pledoi.

Sementara itu Maha mengakui, tuntutan ini berdasarkan instruksi dari Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Siantar, Benny Purba. “Tuntutan ini arahan dari pimpinan (Benny Purba),” ujar saat ditemui usai sidang.

Informasi yang dihimpun lintangnews.com, JPU diduga menerima uang dari kelima terdakwa sebesar Rp 30 juta.

Salah seorang narasumber yang namanya dirahasiakan mengatakan, memberikan uang itu secara langsung diruang Kasi Pidum. “Selasa (9/4/2019) kemarin penasehat hukum terdakwa mengantar uang itu ke ruang Kasi Pidum,” ucap sumber.

Sekedar diketahui, penangkapan dilakukan setelah petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Siantar menerima informasi jika di kamar hotel 311 Hotel Sapadia Siantar ada pesta sabu.

Petugas langsung melakukan penyelidikan. Setibanya di lokasi, petugas langsung melakukan penggerebekan dan berhasil menangkap Desmon Sirait, Doni Maranatha Hutagalung, Kenedy Chen, Fadly Siregar, Marthin Lumbangaol dan Rudi Tasmika (dalam tuntutan terpisah).

Selain mengamankan keenam pelaku, petugas juga menyita barang bukti 5 paket sabu seberat 1,22 gram (bruto), 3 buah pipa kaca bekas bakar sabu, 2 mancis,1 jatum, 3 karet kompeng, 2 sendok terbuat dari pipet, 1 buah bong terbuat dari botol Aqua plastik. (irfan)