Lomba Mars Pujakesuma dan Tembang Jawa, Wali Kota Siantar Ajak Lestarikan Budaya

Wali Kota, Susanti Dewayani didampingi Ketua Dekranasda, Kusma Erizal Ginting bersama pengurus Pujakesuma saat foto bersama. 

Siantar, Lintangnews.com | Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya, termasuk budaya Jawa.

Menurutnya, banyaknya budaya warisan leluhur di Indonesia harus bisa dipertahankan agar jangan sampai diklaim oleh negara lain.

Ajakan dan pesan tersebut disampaikan saat menghadiri lomba Mars Pujakesuma dan Tembang Jawa yang diadakan DPD Pujakesuma Kota Siantar, di Lapangan  Adam Malik, Minggu (25/9/2022).

Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Sanggar Tari Binaan Pujakesuma Siantar dan DPC Pujakesuma Kecamatan Siantar Sitalasari.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, Pujakesuma merupakan organisasi masyarakat yang bergerak lebih ke arah etnis Jawa. Saat ini, katanya, penduduk suku Jawa di Siantar sekitar 30 persen jumlahnya. “Jadi Suku Jawa cukup banyak di Siantar,” katanya.

Susanti berharap, Pujakesuma tetap berbaur dengan masyarakat lainnya, sehingga dapat terbentuk kekuatan yang luar biasa.

“Dengan kekuatan itu kita dapat membangun Siantar yang tentunya mengikuti perkembangan zaman, terutama saat ini perkembangan teknologi. Anak-anak muda harus kita ajarkan budaya-budaya seperti ini. Jika tidak, maka seni budaya seperti ini akan hilang,” katanya.

Lebih lanjut Susanti mengatakan, kegiatan yang dilakukan Pujakesuma tmerupakan salah satu cara melestarikan budaya leluhur.

“Bicara tentang budaya, kita tau Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan budaya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Ini semua adalah warisan dari leluhur yang harus kita pertahankan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti diklaim oleh negara tetangga,” terang Susanti.

Turut hadir, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Siantar, Kusma Erizal Ginting dari DPW Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara, Ketua Pujakesuma Siantar, Kusdianto, Ketua Wanita Pujakesuma Siantar, Maisa Tarsono dan DPC Pujakesuma se- Siantar. (Rel)