Longsor Akibat Hujan Deras, Bangunan Gedung SDN di Nassau Tobasa Rubuh

23

Nassau, Lintangnews.com | Bangunan gedung SD Negeri 173623 di Sipange Unit Hasan Desa Cinta Damai Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Sumatera Utara rubuh.

Gedung, yang sudah pernah diusulkan pembangunannya pada tahun lalu itu, rubuh akibat longsor dikarenakan hujan deras yang terjadi pada Minggu (25/8/2019). Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Tumpal Panjaitan.

Untuk pengecekan sejauh mana kondisi bangunan tersebut, kata Tumpal, pihak sedang menuju lokasi agar penganggaran biayanya bisa diajukan kepada Kepala Dinas, selanjutnya kepada Pemkab Toba Samosir untuk ditampung di APBD.

Selanjutnya, setelah pengecekan kelokasi, serta laporan yang akan kita berikan kepada kadis dan selanjutnya ke Sekdakab Tobasa, serta usulan pembangunan gedung tersebut akan diusulkan dalam P – APBD, ataupun APBD Kabupaten Tobasa.

“Semoga akan ditampung. Namun pembangunan gedung yang rubuh tersebut, tidak mungkin dibangun di lokasi yang sama, mengingat lokasi sebelumnya merupakan titik rawan longsor, besar kemungkinan akan dipindahkan lokasi yang baru untuk pembangunan gedung yang baru,” pungkas Tumpal.

Wakil Ketua DPRD Tobasa, Tony Simanjuntak menyarankan agar Dinas Pendidikan, Setdakab dan Bupati Tobasa, membicarakan ini dalam pembahasan P – APBD 2019.

“Setidaknya pembangunan sekolah yang rubuh menggunakan dana taktis, atau dana lain, agar anak didik tidak terganggu dalam proses belajar mengajar,” ujar Tony.

Terpisah, Sekda Kabupaten Toba Samosir, Audi Murphi Sitorus mengatakan pihaknya tunggu saja laporan dari Dinas Pendidikan, yang pasti secepatnya akan kita tangani, sebab ini menyangkut kepentingan anak bangsa, generasi penerus.

“Pembangunan sekolah tersebut pasti direalisasikan secepatnya, meskipun tidak melalui dana taktis, semisal dari dana bantuan perusahaan yang ada di Kabupaten Toba Samosir atau apapun itu untuk kenyamanan siswa dalam proses belajar mengajar,” terang Audi Murphi. (asri)