LPDI Sebut Calon Banyak Baliho Belum Tentu Menang

Ketua LPDI, Lestari Simanjuntak.

Siantar, Lintangnews.com | Lembaga Pemantau Demokrasi Indonesia (LPDI) menilai, kehadiran baliho para Calon Legislatif (Caleg) DPRD, DPR RI, DPD dan Calon Presiden-Wakil Presiden belum tentu menentukan kemenangan di suatu daerah.

“Menurut pengamatan LPDI khususnya di Siantar-Simalungun, presentasi baliho mampu mempengaruhi pilhan hanya berkisar 2-3 persen saja. Ini dikarenakan sudah banyak masyarakat yang tidak begitu memperhatikan kehadiran baliho-baliho itu,” sebut Ketua LPDI, Lestari Simanjuntak, Kamis (4/4/2019).

Hal ini membuat pihaknya bisa menyimpulkan, banyaknya jumlah baliho para calon, tidak berbanding lurus terhadap pemilihnya. Bahkan ada juga yang berpendapat, jika calon tersebut menebar banyak baliho karena bersangkutan kurang dikenal masyarakat.

“Kami melihat pembuatan baliho terlampau banyak hanya akan menghabiskan keuangan saja dan rawan menyalahi aturan atau perundang-undangan yang berlaku,” papar mantan Aktivis GMKI Siantar- Simalungun itu.

Pihaknya juga menyarankan kepada seluruh calon agar mampu meraup suara rakyat menggunakan pola perekrutan door to door. Dikarenakan metode yang seperti itu saat ini peringkat tertinggi untuk meraup suara masyarakat. (rel)