LPTQ Pantai Labu Canangkan Program Gerakan Infaq Alquran

Foto bersama usai LPTQ Pantai Labu canangkan program Gerakan Infaq Alquran.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Lembaga Pengembangan Tilawati Quran (LPTQ) Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang menginisiasi program ‘Gerakan Infaq Alquran’ yang secara resmi dicanangkan Camat Pantai Labu, Rahmat Azahar Siregar diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), Junaidi, bersama Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Khalifah Jayamin Sinaga, Kamis (21/1/2021).

Junaidi menguraikan, program LPTQ lewat Gerakan Infak Alquran sanga positif. Selain sebagai kitab suci umat Islam, program itu sangat sejalan dengan visi pembangunan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menjadikan daerah tersebut maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebinekaan.

“Saya atas nama Camat Pantai Labu mendukung penuh program Gerakan Infaq Alquran. Ini merupakan salah satu bentuk perwujudan visi pembangunan Kabupaten Deli Serdang,” ucapnya.

Ditambahkannya, upaya untuk membumikan Alquran di Kecamatan Pantai Labu harus dilakukan. Melalui program itu diharapkan bisa memberikan pembelajaran kepada umat Islam di kawasan itu untuk belajar mendalami Alquran.

“Ini akan memancing gairah anak muda di Pantai Labu, juga anak-anak dan umumnya seluruh lapisan masyarakat untuk kembali dan belajar Alquran,” terang Junaidi.

Dirinya berharap, program Gerakan Infaq Alquran menjadi pendorong perwujudan kawasan pesisir itu lebih religius dan penuh berkah diterangi cahaya Aluqran sesuai tema yang diusung ‘Pantai Labu Maju dan Religius Bersama Alquran’.

Sementara Ketua LPTQ Pantai Labu, Amirul Khair menerangkan, program tersebut lahir dari sebuah fakta masih banyaknya anak-anak yang mengaji kurang dan tidak memiliki mushaf Alquran serta kitab pendukung lainnya seperti Iqro dan juz Amma Albaghdadiyah yang menjadi pegangan mayoritas dalam belajar Alquran.

“Saya melihat masih banyak anak-anak yang mengaji malam dan lembaga pendidikan seperti Taman Alquran tidak memiliki kitab. Ada yang koyak-koyak dan tidak layak lagi untuk digunakan,” jelasnya.

Karena itu, melalui program Gerakan Infaq Alquran yang diinisiasi LPTQ Pantai Labu ini bisa membantu mereka untuk mendapatkan kitab atau pun mushaf Alquran yang layak untuk digunakan mendukung proses pembelajaran mereka, sekaligus memberantas buta aksara Alquran.

Amirul Khair juga mengajak masyarakat umum untuk bisa ikut berpartisipasi dalam progam tersebut, sehingga upaya memenuhi kebutuhan Alquran di daerah tersebut yang cukup banyak bisa terpenuhi.

“Tahap awal ini kita coba menghimpun sekitar 500 orang mushaf Alquran meski angka itu masih kurang. Dan kitab lainnya seperti Iqro maupun juz amma Albaghdadiyah yang banyak digunakan sebagai kitab mengaji,” paparnya.

Selain pencanangan program Gerakan Infaq Alquran, rapat pengurus LPTQ Pantailabu juga sepakat menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) pada 30 Januari 2021 mendatang dalam penjaringan utusan Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Deli Serdang pada bulan Februari 2021 di Kecamatan Batang Kuis. (Idris)