Ditetapkan KPUD Siantar, Susanti: Saya akan Lanjutkan Cita-Cita Almarhum Asner Silalahi

Penyerahan berita acara oleh salah satu Komisioner KPUD Kota Siantar, Jafar Sidik Saragih kepada Wakil Wali Kota terpilih, Susanti Dewayani.

Siantar, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar menetapkan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada Kamis (21/1/2021).

Penetapan itu tertuang dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Sapadia hotel, Kota Siantar.

“Sesuai surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) dan KPU RI nomor : 05/PL/02.7 BA tahun 2021 terkait tidak adanya gugatan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, maka KPUD menetapkan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar,” sebut Ketua KPUD Siantar, Daniel Sibarani.

Daniel mengatakan, karena Wali Kota terpilih meninggal dunia beberapa waktu lalu, KPUD akan mengusulkan pelantikan Susanti seorang diri sebagai Wakil Wali Kota ke DPRD Siantar.

“Karena keadaan yang terjadi saat ini, KPUD akan memberikan berita acara melantik Susanti sebagai Wakil Wali Kot. Soal pendampingnya atau pengganti sudah ada aturan yang berlaku untuk hal tersebut,” tutur Daniel.

Sementara itu, Susanti Dewayani menyampaikan, duka cita yang mendalam atas meninggalnya Asner Silalahi yang menjadi pasangannya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Siantar.

“Walaupun bapak Asner Silalahi telah meninggalkan kita semua, namun visi dan misi beliau akan selalu saya ingat. Saya akan lanjutkan cita-cita beliau,” ujarnya.

Masih kata Susanti, perjuangan selama 18 bulan mendampingi Asner, tidak akan pernah sia-sia. Sebab dalam perjalanan mereka, Asner memiliki tekad untuk memajukan Siantar.

“Kami berkeliling melakukan sosialisasi dan sekarang waktunya saya melanjutkan apa yang menjadi tujuan kami sebelumnya,” ujar Susanti.

Ia juga mengharapkan kerja sama dan soliditas antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) demi Siantar yang sejahtera

Penetapan Asner Silalahi dan Susanti masih meninggalkan duka mendalam. Amatan wartawan, tempat duduk yang disediakan untuk pasangan calon (paslon) itu hanya diisi oleh Susanti seorang diri.

Ungkapan bela sungkawa turut dilontarkan oleh KPUD Siantar dan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus atas kepergian Asner pada 13 Januari lalu.

Tampak Sondi Pittor Manahan Silalahi putra sulung almarhum Asner Silalahi yang didampingi adik kandung Asner, yakni Bolmen Silalahi tampak duduk di kursi belakang mengikuti acara penetapan.

Seperti diketahui, Asner dan Susanti merupakan calon tunggal dalam Pilkada yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 lalu dengan dukungan 8 partai. Pasangan itu meraup 87 ribu suara. (Elisbet)