Mahasiswa Asal Pakkat Gelar Malam Keakraban dan Pengukuhan Pengurus Himapa

Para mahasiswa dan mahasiswi asal Pakkat.

Deliserdang, Lintangnews.com | Mengupas soal Sumber Daya Manusia (SDM) hingga tentang solidaritas tercipta pada malam keakraban yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Pakkat (Himapa) di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit, Kabupaten Deliserdang selama tanggal 5-7 April 2019.

Mahasiswa-mahasiswi asal Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) itu sekaligus mengukuhkan kepengurusan baru Himapa. Juga dibarengi seminar tentang ‘bentuk konsep, pola pikir dan pola tindak mahasiswa’.

Kegiatan itu terlaksana dan berlangsung dengan baik, seperti disampaikan Kiki Simanullang selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

“Saya bersyukur kepada Tuhan, karena acara dapat berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa yang baru serta kami semua yang telah lebih dahulu berada di Himapa,” ujar Kiki, Minggu (7/4/2019).

Sementara Bernata Manalu yang merupakan lulusan Universitas Dian Nusantara, Medan menyampaikan materi tentang  pembekalan kepribadian, iptek, fisik, hingga mental.

“Mental menjadi kunci keberhasilan, jati diri bagi setiap insan manusia. Kepribadian yang hebat, seperti pertemanan yang luas, memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi, memiliki fisik sempurna tidak lah ada apa-apanya kalau menyia-nyiakannya dan tidak memiliki mental yang mumpuni,” sebut Bernata.

Dilanjutkan Bernata, mental yang dimaksud adalah jati diri dan pola pikir bagaimana mahasiswa-mahasiswi Pakkat menjadi pribadi yang tegas dan konsisten tidak mudah goyah, baik oleh hentakan bentakan juga godaan.

“Ini mengingat betul bahwasanya di pundak mereka ada banyak cita-cita yang dititipkan dari Pakkat, baik oleh dirinya sendiri, keluarga, teman-teman seangkatannya dan masyarakat. Mereka juga harus kita bekali bagaimana menjaga kekekuargaan antar mahasiswa Pakkat yang ada di perantauan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Dubes Marbun (Ketua Himapa periode 2014-2015), Okto Simanungkalit (Ketua Himapa periode 2017-2018), Raja Oloan Sinambela, (alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan dan Feder Simanullang (mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Darma Agung).

Program dari Himapa bertujuan menanamkan jiwa almamaterisme kepada mahasiswa-mahasiswi. Hal yang tidak kalah pentingnya dalam rangka mengembangkan karekter dan menciptakan potensi dari mahasiswa itu sendiri. (as)