Martin Manurung Buka Pelatihan dan Bantu Alat IKM Konveksi dan Produksi Kue di Toba

Para peserta pelatihan IKM bidang konveksi dan produksi kue di Kabupaten Toba.

Toba, Lintangnews.com | Wakil Ketua Komisi VI DPR-RI, Martin Manurung, Selasa (24/11/2020) membuka pelatihan Industri Kecil dan Menengah (IKM) bidang konveksi dan produksi kue di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Selain pelatihan, para peserta juga diberikan bantuan peralatan. Pembukaan pelatihan ini dilangsungkan di Hotel Serenauli, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

Ada 40 orang peserta yang mengikuti pelatihan ini. Masing-masing 20 orang peserta pelatihan konveksi dan 20 orang untuk produksi kue.

Peserta berasal dari berbagai Kecamatan di Toba. Pelatihan berlangsung selama 4 hari, dengan bimbingan dari pengajar lokal.

Dalam pembukaan pelatihan, hadir juga Wakil Ketua DPRD Toba, Candrow Manurung, Anggota DPRD, Henry Tambunan, Boy Antoni Simangunsong, Robinson Sibarani dan Henri Polamarisi Simanjuntak. Hadir juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Pemkab Toba, Tua Pangaribuan.

Melalui sambungan virtual, Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pangan, Barang dari Kayu dan Furniture Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Sri Yunianti menjelaskan, program ini merupakan hasil kerja sama dan dorongan dari Martin Manurung.

“Untuk itu, sudah seharusnya saudara sekalian berterima kasih kepada pak Martin Manurung. Karena ini adalah program terbatas dan kami realisasikan adalah yang prioritas dan sangat jelas pengajunya,” terang Sri.

Program ini, lanjut Yunianti, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan daya saing IKM di kawasan Danau Toba.

“Jadi manfaatkan lah ini semua dengan sebaik mungkin. Karena anda sekalian adalah orang yang beruntung,” pungkasnya.

Pemberian bantuan peralatan pada para peserta pelatihan.

Sementara Martin Manurung menyampaikan ucapan selamat berlatih bagi seluruh peserta. Ketua DPP Partai NasDem ini juga mengingatkan para peserta untuk mempergunakan alat dengan tepat dan sebaik mungkin.

“Tolong alatnya jangan dijual. Karena ini akan diaudit setiap saat. Pergunakan sebaik mungkin dan jika ada kekurangan, sampaikan kepada saya atau melalui staf saya di Daerah Pemihan (Dapil), agar kita cari solusinya bersama,” ucapnya.

Mewakili peserta, Kadisperindag, Tua Pangaribuan mengucapkan terima kasih kepada Martin yang terus peduli dengan Kabupaten Toba.

“Kami berharap, pak Martin tidak bosan-bosannya memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Toba ini. Terima kasih sekali kami ucapkan,” ujarnya.

Senada, Wakil Ketua DPRD Toba, Candrow Manurung juga menyatakan, bangga dengan program-program yang selama ini diperjuangkan Martin.

“Sebagai kader di Kabupaten ini, kami sangat bangga dan berterima kasih kepada pak Martin,” ucapnya.

Program pelatihan IKM konveksi dan produksi kue ini merupakan kali keempat dan kelima. Sebelumya, program pelatihan yang sama sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Yakni pelatihan konveksi di Ajibata, pelatihan pengolahan kopi di Porsea dan pelatihan perbengkelan di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). (Rel)