Martin Manurung Salurkan 750 Life Jacket untuk Kapal Penumpang di Danau Toba  

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung memakaikan life jacket pada salah satu pemilik kapal di Danau Toba.

Toba, Lintangnews.com | Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung menyalurkan 750 buah life jacket atau baju pelampung pada kapal-kapal penumpang lokal di kawasan Danau Toba, di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Selasa (15/12/2020).

Bantuan ini berawal dari aspirasi para pemilik kapal penyeberangan di Ajibata, yang memerlukan bantuan life jacket untuk penumpang. Aspirasi ini  disampaikan Asosiasi Kapal Motor Operasional Tomok Tour (OPS Tomok Tour) kepada Tim Martin Manurung Centre (MMC) untuk diperjuangkan politisi Partai NasDem itu di Jakarta.

Hasilnya, PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau Inalum yang wilayah kerjanya berada di kawasan Danau Toba, menyambutnya baik aspirasi yang diperjuangkan Martin. Inalum bersedia memberi bantuan melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

Penyerahan life jacket berlangsung di Pelabuhan Ajibata dan dihadiri perwakilan pemilik kapal. Secara simbolis, Martin memakaikan life jacket kepada mereka. Bantuan rompi pelampung ini akan dipergunakan untuk perlengkapan keselamatan penumpang selama di atas kapal.

“Semoga bantuan ini dapat meningkatkan semangat saudara-saudara saya, yaitu nahkoda kapal penyeberangan, serta menambah kepercayaan penumpang selama menyeberangi Danau Toba kita ini,” ujar Ketua DPP Partai NasDem tersebut.

Martin juga berpesan kepada pemilik kapal penumpang, agar tidak sungkan menyampaikan aspirasi yang berkaitan dengan kebutuhan, maupun kebijakan pemerintah terkait transportasi di Danau Toba.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung menyalurkan bantuan 750 buah life jacket.

“Mari kita sama-sama memajukan wisata Danau Toba kita ini. Antara lain dengan memberikan rasa aman bagi wisatawan yang ingin menyeberang atau mengarungi Danau Toba,” pungkasnya.

Ketua Asosiasi OPS Tomok Tour, Gubel Sinaga menyampaikan terima kasih pada Martin yang selalu membantu kebutuhan masyarakat Danau Toba. “Banyak yang telah pak Martin perbuat selama setahun ini. Harapan kami jangan pernah bosan membantu kami,” ujar Gubel.

Wakil Ketua DPRD Toba, Candrow Manurung juga menyampaikan terima kasih kepada Martin yang tak henti-hentinya menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di kawasan Danau Toba.

Menurut Candrow, baju pelampung ini penting untuk keselamatan penumpang. Apalagi waktu penyerahannya ini sangat tepat, menjelang Hari Natal dan Tahun Baru yang biasanya volume penumpang meningkat.

“Keselamatan penumpang harus menjadi prioritas di penyeberangan Ajibata-Samosir ini. Saya juga berharap, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pengawasan dengan baik ke seluruh kapal yang beroperasi di kawasan Danau Toba. Yang terpenting terkait keselamatan penumpang, khususnya menjelang Hari Natal tahun 2020,” ujar politisi asal Ajibata ini. (Rel)