Masa Kerja Proyek Pagar Beton dan Gapura RSUD Tuan Rondahaim Diperpanjang

Gapura dan pagar beton merupakan proyek DPUPR Pemkab Simalungun TA 2018 yang belum rampung pengerjaannya hingga saat ini.

Simalungun, Lintangnews.com | Masa kerja proyek pembangunan pagar beton dan gapura pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuan Rondahaim di kompleks Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Simalungun diperpanjang selama 2 x 45 hari atau 90 hari.

Adanya penambahan masa kerja pada pembangunan pagar beton dan gapura bersumber dari APBD Pemkab Simalungun Tahun Anggaran (TA) 2018 lalu itu tidak dibantah oleh oknum Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Agus Situmorang.

“Iya masa kerjanya diperpanjang selama 90 hari. Itu mengacu Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) tentang adendum,” ucap Agus, Senin (18/3/2019)

Dikatakan Agus, seharusnya pengerjaan proyek dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Pemkab Simalungun tersebut rampung pada bulan Desember lalu. Akan tapi CV Sasabilah selaku rekanan tidak mampu menyelesaikannya tepat waktu.

Sehinggga Pemkab Simalungun serta mengacu pada Permenkeu mengambil kebijakan dengan penambahan masa kerja sebanyak 90 hari lamanya. Dan proyek menelan anggaran senilai Rp 1,8 miliar itu telah dibayarkan sebesar 70 persen.

Sebelumnya, kalangan kontraktor pada Pemkab Simalungun mengatakan, maraknya proyek tahun anggaran 2018 rampung tidak tepat waktu dikarenakan Pemkab Simalungun tidak memiliki keuangan daerah.

“Saya juga ada dipanggil oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun. Katanya atas pelaporan masyarakat atas proyek yang kami kerjakan. Namun setelah kami informasikan bahwa kegiatan masih 20 persen dibayar Pemkab Simalungun, akhirnya saya disuruh pulang,”” ucap rekanan dimaksud.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang dan Pemukiman (Tarukim) DPUPR Kabupaten Simalungun, Jamahaen Purba tidak membantah bahwa marak proyek Pemkab Simalungun tahun 2018 belum dibayar sesuai dengan progres pengerjaan.

Bahkan Pemkab Simalungun telah menerbitkan surat pengakuan utang kepada para rekanan. Dan oleh Pemkab Simalungun merencanakan pembayaran proyek tahun anggaran 2018 ditampung pada P-APBD 2019. (zai)