Masyarakat Optimis Binsar Situmorang Pimpin Siantar Periode 2020-2025, Ini Alasannya

90
Direktur LSN, Humuntal Rajagukguk.

Siantar, Lintangnews.com | Lembaga Survey Nusantara (LSN) kembali merilis hasil amatan relawan terhadap tingkat elektabilitas Binsar Situmorang sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota Siantar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

“Ada pergerakan signifikan naiknya elektabilitas Binsar. Ini karena mengetahui Binsar sudah berpengalaman sebagai birokrat di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” kata Direktur Eksekutif LSN Humuntal Rajagukguk, Kamis (9/1/2020) di kantor LSN, komplek Megaland Jalan Sangnaualuh.

Menurut Humuntal, informasi dan kondisi carut marut dalam penempatan birokrat di OPD yang notabene merupakan kewenangan kepala daerah, lebih disebabkan minimnya kemampuan dan pengalaman kepala daerah tentang birokrat.

Kualitas pelayanan publik oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) ditentukan oleh kepemimpinan OPD. Namun kadang banyak pimpinan OPD malah tidak memiliki latar belakang Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni sesuai dengan OPD yang dipimpinnya.

“Hasil pengamatan serta wawancara relawan LSN langsung dengan masyarakat, Binsar yang mengusung tag line ‘Siantar Emas Yang Bersinar’ diyakini akan mampu memimpin seluruh birokrat, potensi serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama membangun Siantar,” terang Humuntal.

Binsar saat ini menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara. Dia juga pernah menjabat beberapa pimpinan OPD di Kabupaten Simalungun, Kota Medan dan Provinsi Sumut, serta Penjabat (Pj) Bupati Simalungun, dipastikan memiliki kecakapan manajemen dan kepemimpinan, karena berpengalaman langsung.

“Adanya keinginan untuk perubahan di bidang birokrasi, pemimpin yang tegas dan tepat dalam mengambil keputusan. Juga matang dalam perencanaan, sehingga dipastikan program berjalan dengan baik,” kata Humuntal.

Diketahui Binsar pernah menjabat Kepala Bapedalda Kota Medan, Kepala Dinas KLH ESDM Kota Medan, Kepala Dinas Koperasi Kota Medan, Kepala Badan Penanaman Modal Kota Medan, Kepala Bappeda Kabupaten Simalungun, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Kepala Dinas Tarukim Sumut dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut. (Rel/Zai)