Mendaftar Calon Wakil Wali Kota Siantar, Mangasi Purba: Kita Patuhi Keputusan PDI-P

Mangasi Tua Purba saat mendaftar ke PDI-Perjuangan Kota Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Mangasi Tua Purba selaku mantan Ketua KPUD Kota Siantar periode 2013-2018, mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Wali Kota ke DPC PDI-Perjuangan Siantar, Kamis (1/4/2021).

Pria yang dikenal sebagai advokat ini datang membawa bio data dan surat permohonan diri sebagai Wakil Wali Kota Siantar, bentuk kesungguhannya agar dipilih PDI-Perjuangan.

Mantan Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) tahun 2003-2005 ini mengatakan, karier berpolitik dan berorganisasi sudah ia mulai sejak menimba ilmu di bangku perkuliahan. Untuk itu, dirinya ingin politik bisa memberi manfaat untuk masyarakat.

“Mendaftar sebagai Calon Wakil Wali Kota Siantar merupakan bentuk penghormatan terhadap pride atau kebanggaan yang selama ini menjadi tujuan dari semua aktifitas keorganisasian yang saya geluti sejak dulu. Pride itu adalah setiap aktivitas keorganisasian yang saya geluti itu ditujukan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” ujar Mangasi.

Namun semua itu, Mangasi akui harus berpasrah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Niatnya semata-mata ingin membangun Siantar bangkit dan maju.

“Sebagai manusia, saya hanya bisa berusaha untuk itu selebihnya biarlah itu menjadi kehendak dari Yang Maha Kuasa,” sebutnya.

Mangasi mengatakan, visi misinya bila diusung dan terpilih sebagai Wakil Wali akan mendukung apa yang dicita-citakan mendiang Asner Silalahi dan Susanti Dewayani, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Siantar 2020.

“Berkaitan visi misi, tentu kita melanjutkan apa yang sudah berlangsung pada tahapan Pilkada. Yaitu dimenangkan mendiang Asner Silalahi-Susanti. Artinya visi misi Calon Wakil Wali Kota itu kan nggak jauh dari visi misi mereka,” kata Mangasi.

Dia mengaku, akan menanti keputusan DPP PDI-Perjuangan terkait niatnya maju sebagai Wakil Wali Kota, sembari menjalin komunikasi dengan partai politik (parpol) lainnya.

“Mengenai partai-partai lain, kita tetap menjalin komunikasi. Tetapi saya kan harus menunggu lebih lanjut petunjuk dari DPP PDI-Perjuangan, prinsipnya kita patuh pada aturan partai,” tutup Mangasi.

Pendaftaran Mangasi diterima Wakil Ketua Pemenangan Pemilu, Imron Togi Siregar. Dalam sambutannya, Togi mengatakan, telah menerima permohonan pencalonan Mangasi Purba sebagai Calon Wakil Wali Kota. Selanjutnya permohonan ini akan melalui beberapa mekanisme partai.

“Iya kita terima dan akan melakukan pemeriksaan administrasi, kemudian dip leno kan. Selanjutnya hasil pleno DPC PDI-Perjuangan akan kita sampaikan ke DPP. Permohonan ini akan kita laksanakan sesuai mekanisme kepartaian,” ucap Togi. (Elisbet)