Pj Bupati Labuhanbatu, Labusel dan Samosir Dilantik, Gubsu Minta Bersikap Netral

Gubsu Edy Rahmayadi saat melantik Pj Bupati Labuhanbatu, Labusel dan Samosir.

Medan, Lintangnews.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Pejabat (Pj) Bupati Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang baru dilantik bekerja dengan bersikap netral, serta mensukseskan Pemilihan Suara Ulang (PSU) akan dilaksanakan pada 24 April 2021.

Permintaan itu disampaikan Gubsu saat melantik  Pj Bupati Labuhanbatu,  Labusel dan  Samosir di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan No 41, Rabu (31/3/2021) kemarin.

“Saya ingatkan tidak ada urusan anda mengikuti dan memilih. Karena anda tidak mempunyai hak melakukan pemilihan di tempat itu. Saya minta fasilitasi masyarakat yang akan melakukan pemungutan ulang dalam proses demokrasi dari keputusan Mahkamah Konstitusi MK yang sama-sama kita ketahui,” kata Edy saat membacakan amanatnya.

Edy juga meminta untuk melakukan komunikasi dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda untuk sama-sama mengawal jalannya proses demokrasi tersebut.

“Walaupun masa tugasnya pendek, tetapi anda sangat menentukan keharmonisan wilayah,” imbuhnya.

Mereka yang dilantik yakni Harianto Butarbutar selaku Pj Bupati Samosir, Mulyadi Simatupang Pj Bupati Labuhanbatu dan Alfi Syahriza Pj Bupati Labusel.

Pj Bupati yang dilantik ini untuk mengisi kekosongan masa jabatan kepala daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2020. Ketiga daerah ini terdapat sengketa perselisihan hasil pemilihan sehingga pelantikan kepala daerah hasil Pilkada belum dilakukan.

Sengketa Pilkada Samosir sebetulnya sudah diputuskan dan MK menolak permohonan pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga. KPUD Samosir juga telah menetapkan pasangan Vandiko Gultom-Martua Sitanggang sebagai pasangan calon (paslon) terpilih.

Sebelum keputusan MK dibacakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terlanjur mengajukan pengisian Pj Bupati ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sesuai ketentuan, masa jabatan seorang Pj Bupati adalah paling lama 1 tahun.

Sementara itu, Pj Bupati Labusel, Alfi Syahriza yang ditanya wartawan perihal kesiapan pelaksanaan PSU mengaku akan segera berkoordinasi dengan para pihak terkait. “Kita akan lakukan sesuai arahan yang disampaikan Gubernur,” kata Alfi.

Sebanyak 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Labusel akan melaksanakan PSU. Di Labuhanbatu, 9 TPS akan digelar PSU dan Mandailing Natal (Madina) sebanyak 3 TPS akan menggelar PSU. PSU serentak dilaksanakan Sabtu (24/4/2021) mendatang. (Sofyan)