Meninggal Dunia, KPUD Siantar Tetap Menetapkan Asner Silalahi Calon Wali Kota Terpilih

Almarhum Asner Silalahi sebagai Calon Wali Kota Siantar terpilih.

Siantar, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar akan menggelar penetapan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar terpilih pada tanggal 21 Januari 2021 nanti.

Hal ini disampaikan salah satu komisioner KPUD Siantar, Gina Ruth fefiliana Ginting saat ditemui di kantornya, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, jadwal penetapan itu diputuskan, Pasca Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) diterima KPUD Siantar. “Semalam sudah kami terima BRPK nya,” ujar Gina.

Katanya, penetapan calon terpilih paling lama dilakukan KPUD 3 hari setelah BRPK diterima. Hanya saja, lanjutnya, untuk menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih, pihaknya masih menunggu surat dari KPU RI.

Dijelaskan Gina, meski Asner Silalahi telah meninggal dunia, KPUD Siantar akan tetap menetapkan almarhum Asner Silalahi sebagai Calon Wali Kota terpilih dan Susanti Dewayani sebagai Calon Wakil Wali Kota Siantar terpilih, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember tahun 2020. “Tetap ditetapkan jadi calon terpilih,” tuturnya.

Hanya saja, ungkap Komisioner bidang teknis ini, nantinya di saat mengusulkan pengesahan dan pelantikan, KPUD Siantar akan mengusulkan calon yang memenuhi syarat, dengan melampirkan bukti keterangan.

Usulan pengesahan dan pelantikan itu nantinya, ujar Gina, akan disampaikan pihaknya kepada DPRD Siantar. “Usulan pengesahan dan pelantikan nanti disampaikan ke DPRD,” ucapnya.

Seperti diketahui, Pilkada Siantar tahun 2020 dimenangkan pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Asner Silalahi-Susanti Dewayani, dengan meraih 87.733 suara.

Pasangan itu mengalahkan perolehan suara kolom kosong. Dan tidak ada gugatan ke MK dari pihak yang berkompeten terhadap perolehan suara tersebut. (Elisbet)