Menjelang Harungguan Bolon ke IX, DPP PMS, MHN dan Panitia Ziarah ke Makam Raja Siantar

DPP PMS,MHN dan Panitia saat ziarah ke Makam Raja Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Dewan Pimpinan Pusat Partuha Maujana Simalungun (PMS), Majelis Hapartuhaon Nabolon (MHN) dan Panitia Harungguan Bolon ke IX melakukan ziarah ke Makam Raja Siantar di Pamatang Kelurahan Simalungun, Kota Siantar, Kamis (29/7/2021).

Rombongan yang mengikuti ziarah yakni Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PMS, Djapaten Purrba, Anggota MHN, Sarmedi Purba, Panitia Pengarah, Rohdian Purba, Ketua DPC PMS Kota Siantar, Minten Saragih, Ketua Panitia Pelaksana, Jonder Wilson D Sinaga, Sekretaris, Broery Purba dan Bendahara, Richardo Purba.

Kedatangan rombongan disambut Bakti Damanik selaku Ketua Yayasan Raja Siantar Raja Sangnaualuh Damanik (Yarasisada) dan Ketua Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) Siantar, Lisman Saragih.

Selanjutnya rombongan memberikan demban dan memberitahukan ziarah dilakukan sehubungan dengan pelaksanaan Harungguan Bolon ke IX yang akan dilaksanakan di Siantar Hotel tanggal 30-31 Juli 2021.

Usai pemberian demban, rombongan memasuki lokasi makam. Selanjutnya Lisman Saragih memimpin doa yang intinya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYME) agar seluruh rangkaian acara Harungguan Bolon bisa berjalan dengan lancar dan menghasilan keputusan yang terbaik.

Usai berdoa seluruh rombongan melakukan tabur bunga ke makam Raja-Raja Siantar yang berada dalam komplek makam tersebut.

Djapaten mengatakan, kegiatan ziarah ke makam Raja Siantar merupakan kearifan lokal sebagai tradisi penghormatan kepada adat Raja Siantar sebagai pendiri Kota Siantar Kota ‘Sapangambei Manoktok Hitei’.

Dikatakan Djapaten, ziarah dilakukan dengan sederhana tidak melibatkan banyak orang sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia saat ini, sehingga jangan melakukan kegatan yang bisa menimbulkan kerumunan.

Sementara itu Broery Purba selaku Sekretaris Panitia mengatakan, ziarah memang sudah dipersiapkan sedemikian rupa sebagai bentuk kearigan lokal penghormatan kepada pendiri Kota Siantar. Broery menjelaskan, berbagai persiapan pelaksanaan Harungguan Bolon sudah hampir final.

“Dengan segala keterbatasan yang dimiliki panitia ditambah lagi situasi pandemi Covid-19, sedikit banyaknya mempengaruhi. Namun tidak membuat panitia surut melanglah karena ini untuk kepentingan Simalungun,” ujarnya.

Sementara itu Bakti Damanik mengapresiasi ziarah yang dilakukan DPP PMA. “Kita sama-sama mendoakan seluruh rangkaian kegiatan Harungguan Bolon berjalan dengan lancar,” ujarnya. (Elisbet)