Menkes Hadiri Puncak Perayaan Tahun Kesehatan dan Kebersihan HKBP Taman Mini

Menkes Nila F Moeloek hadiri puncak perayaan tahun kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup di Gereja HKBP Taman Mini, Resort Taman Mini, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018).

Jakarta, Lintangnews.com | Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek menghadiri puncak perayaan tahun kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Taman Mini, Resort Taman Mini, Jakarta Timur.

Kedatangan Nila beserta sejumlah pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) disambut meriah dengan tarian tortor oleh anak-anak Sekolah Minggu. Nila juga menerima karangan bunga dari salah seorang anak.

Terlihat hadir dalam penyambutan tersebut, Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan dr Maya A Rusady, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt David Farel Sibuea, Pendeta Resort HKBP Taman Mini Pdt Mori Sihombing, serta Panitia Tahun Kesehatan HKBP Taman Mini Resort Taman Mini.

Foto bersama dengan Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek.

Dalam sambutannya, Nila mengaku sangat gembira melihat dukungan total pihak gereja kepada jemaatnya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup di lingkungan gereja dan sekitarnya.

“Horas, Shalom, Salam sejahtera bagi kita semua. Saya berterima kasih, ternyata di gereja juga dilakukan kegiatan tahun kesehatan dan kebersihan di HKBP Taman Mini,” kata Nila disambut riuh tepuk tangan jemaat di Areal Parkir HKBP Taman Mini, Resort Taman Mini, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018).

Kendati demikian, Nila juga mengingatkan untuk jemaat HKBP agar hidup sehat dan bersih dimulai dari lingkungan sendiri. “Agama pun mengajarkan untuk berperilaku hidup sehat. Ayo hidup sehat dan bersih dimulai dari diri sendiri,” katanya.

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek dan Sekjen HKBP Pdt David Sibuea bersama anak-anak Sekolah Minggu.

Pada sisi lain, tambah dia, menuju masyarakat sehat harus melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh anggota keluarga dengan penuh kesadaran dan kemauan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. Jangan sampai terkena penyakit hipertensi dan jantung,” kata Nila mengingatkan.

Kepada jemaat lanjut usia (lansia), Nila berharap agar bisa tetap produktif dan menjaga pola hidup sehat. Sebab, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi pada lansia meningkat sebesar 40 persen.

Sekjen HKBP, Pdt David Farel Sibuea saat mengulosi.

“Yang kita inginkan adalah bagaimana lansia bisa tetap sehat dan produktif. Saya sangat gembira dan berterima kasih sekali, karena mulai dari anak-anak sampai lansia di HKBP Taman Mini sudah berperilaku hidup sehat,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Nila lantas diulosi oleh Sekjen HKBP didampingi Pdt Mori Sihombing beserta sejumlah panitia acara. Sebelum memberi ulos, Sekjen HKBP menuturkan perumpamaan (umpasa) sebagaimana tradisi adat Batak. “Pemberian Ulos ini sebagai bentuk tali kasih, permohonan, dan ucapan doa agar ibu menteri diberikan umur panjang dan kesehatan. Tuhan Memberkati,” ucap Pdt David. (rel)