Mobil AWC Polres Simalungun Diturunkan dalam Pembersihan Jembatan Sidua-dua

Mobil AWC milik Polres Simalungun di lokasi longsor melakukan pembersihan.

Simalungun, Lintangnews.com | Kegiatan lanjutan penanganan, pembersihan dan pengamanan bencana tanah longsor dari Bukit Hulu Bangun Dolok yang menimbun Jembatan Sidua-dua Km 1-2 Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Minggu (6/1/2019).

Diturunkan alat berat escavator milik PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL), 2 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Simalungun dan AWC (Armored Water Canon) Polres Simalungun.

Upaya penembakan material lumpur untuk mengurangi material longsor menumpuk yang berada di bawah jembatan, sehingga mempelancar aliran air.

Sebelumnya Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan mengarahkan kepada Kabag Ops, Kompol Hendrik Situmorang, Kasat Lantas, AKP Hendri ND Barus, Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, Kanit Patroli, Ipda Rizal bersama personil Sat lantas dan Polsek Parapat untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas (lalin) di lokasi maupun sepanjang Jalinsum Parapat.

Juga melakukan public address, sehingga masyarakat pengguna jalan mengetahui situasi terkini Jembatan Sidua-dua.

Kasat Lantas AKP Hendri ND Barus beserta Kapolsek Parapat, Camat Girsang Simpangan Bolon, personil Polres Simalungun dan dibantu masyarakat kembali membersihan material batu maupun tanah di bawah Jembatan Sidua-dua secara manual. Caranya dengan menyungkit dan mengangkat batu agar genangan lumpur dapat mengalir dan surut.

Untuk mempermudah proses pembersihan lokasi longsor, arus lalin dialihkan melalui jalur alternatif khusus dari arah Siantar menuju Parapat menggunakan Jalur Simpang Palang-Simpang Sitahoan.

Sementara kendaraan yang dari Toba Samosir (Tobasa) menuju Siantar diarahkan untuk melintas dar lokasi dengan pengawasan personil Sat Lantas

Sekira pukul 17.15 WIB, pembersihan telah dilaksanakan. Kemudian kedua jalur jembatan telah dapat digunakan, sehingga arus lalin aman dan lancar. (zai)