Pagelaran KPDT ke 4 Ajak Anak Mencintai Budaya Batak

Pangelaran Karnaval Pesona Danau Toba tahun 2019 yang melibatkan anak-anak.

Tobasa, Lintangnews.com | Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT) ke 4 tahun 2019, Pemkab Toba Samosir (Tobasa) mengisi acara dengan melibatkan anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) dalam pagelaran seni budaya Batak seperti tortor, tarian dan martumba.

“Diadakannya pagelaran seni budaya Batak itu agar sejak dini anak semakin tau dan mencintai budaya Batak. Sehingga ciri khas orang Batak tidak tergerus oleh kemajuan zaman,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Tobasa, Herkules Butarbutar, Senin (16/9/2019).

Herkules menuturkan, dengan lestarinya seni budaya Batak seperti tortor dan martumba yang telah ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, akan mampu meningkatkan pemasaran pariwisata melalui seni budayanya.

Dia menuturkan. yang akan dijual selain keindahan alam Danau Toba, khususnya di Tobasa adalah seni budaya tortor dan martumba, sehingga terlihat ciri khas orang Batak di benak wisatawan yang datang.

“Siapa lagi yang akan melanjutkan adat budaya Batak jika tidak generasi muda nantinya. Ini juga akan melanjutkan tujuan wisata super prioritas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, menjadi devisa dan sumber peningkatan ekonomi masyarakat di bidang kepariwisataan,” pungkas Herkules.

Sementara itu, para pelajar dan orang tua juga mengapresiasi pagelaran seni budaya yang diselenggarakan saat KPDT tahun ini, untuk meningkatkan kreatifitas anak untuk budaya Batak. Sedangkan al yang menarik pakaian anak-anak menggunakan bahan ulos Batak. (asri)