Panwaslu Beringin Bersihkan APK Pemilu

Pembersihan alat peraga kampanye di Kecamatan Beringin.

Deliserdang, Lintangnews.com | Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang bersama Pengawas Desa, Minggu (14/4/2019) bersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tersebar di seluruh Kecamatan itu.

Penertiban atau pembersihan APK ini juga didampingi pihak Kecamatan, Polsek Beringin dan Koramil 23/Beringin.

Ketua Panwaslu Beringin, Wagio yang diwakili Kordiv PHL, Fery Irawan mengatakan,p embersihan ini di akukan karena sudah memasuki Minggu tenang. Ini juga berdasarkan surat dari Panwaslu Beringin Nomor 175.K.Panwas-04/20/04-2019.

“Sebelum melakukan pembersihan, kami telah melayangkan surat kepada pimpinan partai politik, relawan dan simpatisan Calon Legislatif (Caleg) maupun Calon Presiden (Capres) untuk segera mencabut APK nya, karena sudah memasuki Minggu tenang,” kata Fery.

Apel bersama sebelum dilakukan penertiban APK.

Lanjutnya, pembersihan APK yang mereka lakukan tertuang dalamUndang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum No 23 Tahun 2018 tentang pengawasan Kampanye dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum No 28 Tahun 2018 tentang Pengawas Kampanye Pemilu.

Fery menambahkan pembersihan APK dilakukan mulai tanggal 14  April dan akan berakhir pada 16 April sekira pukul 00.00 WIB.

Sebelum melakukan pembersihan APK itu dilakukan apel bersama dan menerima arahan dari Ketua Panwaslu Beringin. (idris)