Tak Terdaftar di DPT, Masyarakat Bisa Memilih dengan Memakai e-KTP

Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani.

Siantar, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar melalui Surat Nomor: 887/PL.01-Pu/1272/KPU-Kot/IV/2019 mengimbau kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu 17 April mendatang.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua KPUD Siantar, Daniel Dolok Sibarani menghimbau masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih dihimbau untuk datang dan menggunakan hak pilihnya di TPS pada Rabu (17/4/2019) sekira pukul 07.00-13.00 WIB.

Pemilih yang telah menerima Surat Pemberitahuan untuk Memilih (Model C6-KPU) agar dibawa saat datang ke TPS.

Bagi pemilih yang belum menerima Surat Pemberitahuan untuk Memilih, tetap dapat menggunakan hak pilihnya sepanjang namanya terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan dapat menunjukkan KTP Elektronik (e-KTP) atau surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemko Siantar yang menerangkan bersangkutan telah melakukan perekaman.

Bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tetap dapat menggunakan hak pilihnya 1 jam sebelum TPS ditutup, yakni pukul 12.00-13.00 WIB di TPS terdekat sesuai dengan alamat administrasi yang tertera pada e-KTP atau suket dari Disdukcapil yang menerangkan bersangkutan telah melakukan perekaman.

Dijelaskan Daniel, saat menerima surat suara dari Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pemilih diharapkan memeriksa surat suaranya secara cermat.

“Jika ada kerusakan (robek, sudah tercoblos atau ada penandaan khusus), pemilih dapat meminta surat suara baru yang tidak rusak. Selain itu, pemilih dilarang menggunakan telepon genggam atau alat perekam gambar lainnya di bilik suara,” jelas Daniel, Minggu (14/9/2019).

Sambungnya, pemilih dilarang mengenakan atribut partai politik (parpol) yang memuat nama atau foto dan nomor parpol atau pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Marilah kita sukseskan dan wujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini yang jujur, bersih, adil, transparan dan demokratis untuk masa depan Indonesia lebih maju,” tutupnya. (elisbet)