Panwaslu Beringin Tertibkan APK Caleg Menyalahi Aturan

Proses penertiban Alat Peraga Kampanye di Kecamatan Beringin.

Deliserdang, Lintangnews.com | Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (2/2/2019) tertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) menyalahi aturan di sepanjang jalan utama dan jalan desa di Beringin.

Dalam penertiban itu, Panwaslu Beringin juga melibatkan Kasi Trantib Kecamatan, Polsek Beringin dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

Wakil Ketua Panwaslu Beringin,Sugiat mengatakan, penertiban ini menindak lanjuti surat dari KPUD Deliserdang tentang penertiban APK yang menyalahi aturan.

Panwaslih Beringin melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye.

Menurut Sugiat, dasar hukum penertiban APK itu adalah Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan PKPU Nomor 32 Tahun 2018 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Umum Tahun 2019, PKPU Nomor 23 tahun 2018, Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 dan Surat Keputusan (SK) KPU Republik Indonesia No 1096/pl 015-kp 106/ KPU/IX/2018.

“APK Caleg ini kami tertibkan bagi yang telah melanggar aturan, seperti dipasang di fasilitas pemerintah, tiang listrik, rumah ibadah, sekolah dan pohon-pohon yang berada di sepanjang jalan,” ujar Sugiat. (idris)